Mitos Tidur Memakai Bra Bisa Mencegah Payudara Kendur

DokterSehat.Com – Ada sebuah mitos yang cukup banyak dipercaya oleh kaum hawa, dimana ada baiknya mereka tetap memakai bra saat tidur demi mencegah payudara semakin mengendur. Logikanya, dengan tetap memakai bra, payudara akan ditopang dengan baik sehingga tidak akan mudah mengendur. Namun, apakah mitos ini benar adanya?

doktersehat-bentuk-payudara-wanita-seksi-seks-berenang

Sebelum membahas lebih jauh tentang penggunaan bra saat tidur ini, kita sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari mengendurnya payudara. Pakar kesehatan Jamil Abdur-Rahman, M.D dari Medical Center Vista East, Illinois, Amerika Serikat, menyebutkan jika seiring dengan bertambahnya usia wanita, maka payudara akan kehilangan elastisitas. Hal ini mirip dengan yang terjadi pada kulit wajah wanita yang juga semakin kehilangan kekencangannya. Sekecil apapun payudaranya, maka elastisitas payudara tetap saja akan semakin menurun. Saat menjelang atau memasuki fase menopause, maka kandungan lemak payudara akan ikut meningkat dan pada akhirnya menambah bobot paudara dan semakin mengendurkan payudaranya.

Penyebab lain dari mengendurnya payudara adalah jaringan di dalam payudara yang berbeda-beda pada setiap wanita. Selain itu, fluktuasi berat badan juga ikut mempengaruhi banyaknya jaringan yang mampu menjaga kekencangan payudara ini.

Jika melihat faktor-faktor penyebab mengendurnya payudara ini, berarti mitos yang menyebutkan jika memakai bra saat tidur bisa mengencangkan payudara sama sekali tidak benar. Bra diciptakan untuk menopang dan mengangkat payudara dalam posisi vertikal, sehingga, andai kita dalam posisi tidur, bra tidak akan mampu menahannya untuk melebar ke kedua sisi tubuh.

Melihat banyaknya anjuran yang menyebutkan jika sebaiknya kita juga melepas bra saat tidur demi mengurangi ketegangan pada bahu atau bahkan mencegah munculnya berbagai penyakit, ada baiknya memang kita tidak tidur dengan memakai bra.