Mitos Tentang Makanan Beku

DokterSehat.Com – Banyak masyarakat yang meyakini jika makanan beku atau yang disebut sebagai frozen food akan kurang baik jika banyak dikonsumsi. Sayangnya, makanan beku telah menjadi solusi praktis bagi masyarakat untuk mendapatkan lauk yang bisa segera dikonsumsi dengan cepat tanpa menghabiskan waktu. Berikut adalah beberapa mitos yang dipercaya masyarakat tentang makanan beku.

doktersehat-protein-susu-buah

Mitos pertama yang dipercaya oleh masyarakat tentang makanan beku adalah kita bisa menyimpan semua makanan beku di freezer lemari es kita. Selain makanan yang memang harus dibekukan layaknya daging olahan, nugget, atau bahkan sosis, makanan lain layaknya sayur-sayuran juga sering disimpan di dalam freezer karena kita berpikir jika makanan akan bertahan jauh lebih lama. Padahal, beberapa bahan makanan, khususnya sayuran akan cenderung jauh lebih mudah rusak jika dibekukan dan kemudian dicairkan. Bahan minuman layaknya kopi juga akan rusak teksturnya jika disimpan dalam freezer.

Meskipun bisa menjadi lebih awet, makanan beku juga memiliki batasan waktu layak dikonsumsi atau tidak. Sayangnya, banyak masyarakat yang berpikir jika makanan ini bisa disimpan selamanya karena pembekuan diyakini bisa membuat bakteri pada makanan tersebut terbunuh. United States Department of Agriculture sendiri menentukan batas waktu penyimpanan makanan dalam freezer. Daging yang belum dimasak memiliki waktu maksimal layak dikonsumsi hingga 4 bulan, daging yang sudah dimasak memiliki batas waktu maksimal layak konsumsi hingga 2-3 bulan, dan daging unggas yang belum dimasak bisa bertahan hingga 9 bulan lamanya.

Banyak masyarakat meyakini jika makanan beku memiliki nutrisi yang sangat rendah jika dibandingkan dengan makanan segar. Padahal, mitos ini belum tentu benar. Banyak makanan yang dianggap segar layaknya sayuran justru bisa saja sudah dipetik sejak beberapa hari yang lalu sehingga sudah layu dan tidak segar kembali.

Baca Juga:  Menopause dan Perimenopause

Sebelum menghakimi setiap makanan beku sebagai makanan yang kurang sehat, cobalah untuk lebih selektif dalam memilih makanan dan melihat label makanan dengan lebih teliti karena kini juga banyak makanan beku yang memiliki nutrisi yang baik.