Mitos Tentang Kopi Untuk Mengatasi Sembelit, Ini Bahayanya

DokterSehat.Com – Salah satu mitos yang banyak dikenal oleh masyarakat tanah air saat mereka mengalami sembelit adalah dengan meminum kopi hangat. Beberapa orang mengklaim jika setelah mengkonsumsi kopi, perut akan segera merasakan mulas sehingga buang air besar secara lancar. Kopi yang mudah untuk didapatkan dan mudah untuk dibuat tentu akan menjadi solusi efektif bagi mereka yang memiliki masalah sembelit cukup parah. Sayangnya, pakar kesehatan justru tidak menyarankan kopi untuk mengatasi sembelit. Mengapa hal ini bisa terjadi?

doktersehat-kopi-demensia

Pakar kesehatan dari FKUI dan juga RSCM Jakarta, Nasrul Liza, menyebutkan jika kopi memang akan secara efektif membuat usus lebih berkontraksi karena adanya efek laksatif setelah diminum. Hanya saja, kita harus ingat jika bahan dari kopi itu sendiri bukanlah bahan yang alami dan aman untuk mengatasi sembelit sehingga dianggap kurang baik untuk dijadikan solusi masalah sembelit setiap hari. Dari sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh jurnal Gastro Enterologi pada tahun 1990, ditemukan fakta bahwa kopi akan membuat tubuh melepaskan gastrin, sebuah hormon pada saluran pencernaan yang akan meningkatkan aktifitas motorik pada usus besar. Hal inilah yang membuat kopi seakan-akan memiliki efek layaknya obat pencahar dan bisa membuat kita mulas-mulas.

Pakar kesehatan mengingatkan jika mengandalkan kopi untuk mengatasi sembelit itu laksana mematikan api pada kompor dengan menyiramnya dengan air atau pasir, bukan dengan menekan tombol yang bisa mematikan api secara otomatis. Ingatlah jika kopi dikonsumsi karena kandungan kafeinnya mampu membuat tubuh menjadi lebih awas dan berkonsentrasi lebih baik. Memang, efek laksatifnya akan mampu membuat perut menjadi mulas dan melancarkan buang air besar. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan jika kita ingin buang air besar lancar dan sehat, maka kita tentu harus lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat dan air putih, serta rutin melakukan olahraga. Dengan pencernaan yang lebih sehat, kita tentu akan merasakan efek positif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.