Mitos Tentang Gula yang Kerap Salah Kita Pahami

DokterSehat.Com – Tanpa kita sadari, gula telah menjadi bahan makanan yang hampir selalu kita konsumsi setiap hari. Kita kerap kali berpikir jika konsumsi gula kita hanya akan terjadi jika kita mengkonsumsi minuman manis layaknya teh atau kopi. Padahal, banyak bahan makanan yang juga mengandung gula layaknya roti yang kadang kita makan sebagai camilan begitu saja. Padahal, jika kita mengkonsumsi gula terlalu banyak setiap harinya, kita akan berpotensi menyebabkan masalah berupa penyakit diabetes tipe 2 dan berbagai penyakit lainnya. Ada baiknya kita mulai mengerti lebih banyak tentang gula dan mitos-mitosnya layaknya sebagai berikut sehingga kita akan lebih baik dalam mengkonsumsinya setiap hari.

doktersehat-manis-gula-batu-diabetes-sugar

Jus kerap kali dianggap sebagai minuman sehat karena terbuat dari buah, khususnya jus yang dijual di pinggir jalan, bukannya jus kemasan. Padahal, jus yang dibuat langsung ini juga masih kerap diberikan gula, meskipun bukan pemanis buatan sehingga masih kurang sehat layaknya jus kemasan yang banyak kita temui di swalayan atau toko-toko. Jika ingin mendapatkan jus yang sehat tanpa gula tambahan, buatlah jus sendiri di rumah tanpa adanya tambahan gula sama sekali.

Kita kerap berpikri bahwa makanan yang tak manis maka makanan ini tidak memiliki kandungan gula. Mitos ini sangat salah kaprah karena bahan makanan layaknya saus sambal, pasta, atau bahkan sereal yang terasa hambar pun memiliki kandungan gula. Hal ini berarti, setiap kali kita membeli bahan makanan, pastikan bahwa kita mengecek kandungan gula pada labelnya dengan lebih baik.

Mitos lainnya tentang gula adalah kita akan tidak bisa menikmati makanan yang terasa manis jika kita mulai mengurangi gula. Padahal, jika kita mau mengkonsumsi buah-buahan, kita juga bisa mengkonsumsi makanan sehat tanpa adanya gula tambahan namun masih tetap terasa manis. Ingatlah bahwa buah-buahan biasanya sudah memiliki kandungan gula alami berupa fruktosa yang memang sangat baik untuk dikonsumsi sebagai sumber energi dengan tubuh. Kita pun masih bisa menikmati makanan manis tanpa adanya terlalu banyak gula tambahan, bukan?