Mitos Tentang Diabetes Ini Masih Banyak Dipercaya oleh Banyak Orang

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyebutkan bahwa masyarakat tanah air kini sudah lebih baik dalam mengenal penyakit diabetes. Semakin banyak orang yang menerapkan gaya hidup sehat demi mencegah datangnya penyakit ini. Sayangnya, terdapat cukup banyak mitos yang beredar tentang penyakit ini di masyarakat yang masih dipercaya. Apa sajakah mitos tersebut?

doktersehat-diabetes-gula-penyakit

Penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi gula
Meskipun gula memang berkaitan dengan diabetes, namun, bukan berarti penderita diabetes tidak boleh lagi mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Memang, makanan yang kaya karbohidrat atau yang terasa manis bisa menyebabkan kenaikan glukosa dalam darah. Namun, penderita diabetes tetap membutuhkan gula demi menjaga kadar gula dalam darah tetap normal meskipun memang jumlahnya harus dibatasi.

Diabetes adalah penyakit orang tua
Memang, penyakit diabetes tipe 2 yang dipicu oleh resistensi insulin pada tubuh kerap dijumpai pada mereka yang berusia lebih dari 40 tahun. Hanya saja, karena gaya hidup yang buruk seperti mengkonsumsi makanan yang kaya lemak namun minim serat, kerap terkena stress, hingga jarang berolahraga, banyak anak muda yang kini juga terkena diabetes.

Selain karena gaya hidup, banyak anak-anak yang menderita diabetes tipe 1 karena faktor keturunan.

Masalah gula darah bisa dirasakan gejalanya
Meskipun sebenarnya menyebabkan gejala tertentu, kebanyakan penderita diabetes tidak menyadari dirinya mengalami masalah kesehatan ini sebelum benar-benar divonis oleh dokter. Penderita hiperglikemia atau kadar gula darah yang tinggi biasanya akan merasakan keinginan berlebihan untuk buang air kecil dan minum. Sayangnya, hal ini benar-benar jarang disadari.

Diabetes bisa disembuhkan secara total
Penderita diabetes tipe 1 harus selalu mendapatkan suntikan insulin karena pankreas dalam tubuhnya sudah tidak mampu memproduksi hormon tersebut. Sementara itu, penderita diabetes tipe 2 harus mengubah gaya hidupnya agar menjadi lebih sehat demi kestabilan kadar gula dalam darah.

Baca Juga:  Begini Cara Mengendalikan Gula Darah Jika Ingin Mencegah Diabetes

Diabetes diturunkan secara menyilang
Diabetes memang bisa menurun, namun sebenarnya faktor penentu utama dari penyakit ini adalah faktor gaya hidup yang buruk. Selain itu, mitos yang menyebutkan bahwa penyakit ini diturunkan secara menyilang layaknya ayah kepada anak perempuannya atau ibu pada anak laki-lakinya juga tidak benar. Siapa saja bisa terkena diabetes jika tidak menerapkan gaya hidup yang sehat.