informasi kesehatan


Mitos Seputar Pil KB

Mitos Seputar Pil KB

            

Pil KB membuat saya GEMUK dan mengalami PENDARAHAN….

  • Estrogen bisa menyebabkan retensi cairan dan garam yang bisa memicu pertambahan berat badan sedangkan progesteron bisa meningkatkan nafsu makan. Tetapi dengan dosis rendah pil KB modern efek ini jarang terjadi.
  • Kenaikan berat badan terjadi karena pasien merasa aman yaitu terlindungi dari kehamilan sehingga pola makan berubah (nafsu makan meningkat) ataupun oleh karena faktor keturunan.
  • Pendarahan dapat terjadi bila pasien terlupa minum pil lebih dari 12 jam karena turunnya kadar hormon dalam tubuh yang diartikan oleh tubuh sebagai tanda sudah boleh menstruasi (ingat bahwa selama minum pil KB menstruasi tidak terjadi)

Pil KB membuat rahim kering dan setelah berhenti minum saya akan sulit punya anak . . .

Tidak perlu dikhawatirkan bahwa penggunaan pil KB akan menyulitkan punya anak, ataupun menyebabkan rahim kering, karena:

Pil KB adalah salah satu metode yang paling reversibel artinya kesuburan langsung kembali bila penggunaan dihentikan. Bahkan pil KB dapat mengurangi resiko infertilitas primer hingga 40%

Pil KB cenderung menyebabkan KANKER…

Hingga saat ini, penyebab terjadinya kanker belum diketahui secara pasti.Tetapi berdasarkan penelitian yang bersifat retrospektif, resiko terkena kanker bagi wanita yang tidak menggunakan kontrasepsi oral lebih besar daripada wanita yang menggunakan kontrasepsi oral.

Pil KB sulit diandalkan karena harus diminum setiap hari dan saya mudah lupa…

Tingkat keandalan pil KB adalah yang paling tinggi di antara semua metode kontrasepsi kecuali sterilisasi. Kegagalan hanya terjadi pada 1 orang diantara 1000 wanita selama pemakaian 1 tahun artinya mempunyai PI = 0,13 dan biasanya disebabkan karena muntah atau lupa minum pil.

Untuk memudahkan Anda mengingatnya dan menjadikan hal ini suatu kebiasaan maka dengan kemasan kalender dari pil KB yang dilengkapi dengan nama hari, hanya satu hari saja yang perlu Anda ingat yaitu hari pertama mulai minum pil KB, serta pilihlah waktu minum pil yang sama setiap hari (misalnya: setelah makan malam, sebelum menggosok gigi malam hari atau sebelum tidur).

Pil KB tidak cocok untuk wanita yang belum menikah…

Bisa saja terjadi gangguan / ketidakseimbangan hormonal pada wanita muda yang belum menikah, antara lain: siklus menstruasi tidak teratur, nyeri hingga kejang perut menjelang menstruasi, kulit berminyak bahkan berjerawat, ataupun pola tumbuh rambut yang tidak normal pada wanita / male hair pattern. Oleh karena itu diperlukan terapi dengan pemberian pil yang mengandung hormon yaitu pil KB.

Pil KB memicu timbulnya jerawat sehingga membuat penampilan menjadi tidak menarik…

Jerawat yang sering timbul pada penggunaan pil KB biasanya disebabkan oleh unsur progesteronnya. Tetapi pada pil KB modern biasanya masalah ini agak jarang terjadi. Bahkan, ada pil KB kombinasi modern (OC) yang sekaligus bekerja untuk membuat kulit Anda lebih bersih, halus dan cantik.

DokterSehat – MedicaStore

pf button both Mitos Seputar Pil KB


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

41 Responses to “Mitos Seputar Pil KB”

  1. amelia says:

    dok.saya ingin bertanya..sy menggunakan pil kb yasmin sejak pertengahan feb dan bru haid awal april tpi bulan mei ini sy blm haid lg..bidan sy mengatakan minum yasmin setiap hari tp jika haid dihentikan.kmdian sy coba search di google ktanya setelah 1pack atw 21 pil hbs diberi jeda untuk tdk minum slm 7hr kmdian stlh 7hr dmnm kmbli.apa spt itu aturan minumny?mohon penjelasannya dok.tq

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 9 Thumb down 1

  2. hani says:

    dok saya remaja brumur 21th,saya pnya mslah dgn haid yg tdk tratur,smpe 1th.kadang setengsh tahun,atau 5bl.saya belum menikah.setelah saya priksa,saya di kasih pil kb.selang bbrpa mgu stlah minum pil itu saya haid.tapi stelah dtng haid saya brhenti minum pil kb lg coz saya tkt rahim saya kering.saya khawatir bgd kalau saya susah punya anak.saya harus gmana dok sebaiknya???????trma kasih

    Like or Dislike: Thumb up 4 Thumb down 1

  3. M says:

    Saya lupa minum pil KB 1 hari. di hari yang sama saya berhubungan dg suami. Tapi paginya saya cepat2 minum krn sadar lupa.
    Bagaimana dg resiko kehamilannya.
    tq

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 10 Thumb down 5

  4. nadya says:

    dokter,sy mo tanya,sy udah 2 hari selesai haid tp kenapa ya pd hri ke 3 minum pil kb sy ada mengalami bercak darah yg kluar spt haid,mhon penjelasannya,terima kasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Anonymous says:

    Dok saya mau tanya masalah nya brapa bulan ini saya tidak minum pil kb warna putih yg untuk mens nya dan saya udah 3 bulan tidak datang bulan apa saya hamil tlong ya dok terimakasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. Anonymous says:

    dok saya gadis berumur 18 thun dan belum menikah tapi apakah saya bisa menkomsumsi kb say si cuma mau menngemukan badan aja dok

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Anonymous says:

    dok tolong dong di jawab apakah saya bisa menkomsumsi KB tpi saya belum menikah tapi uda berhubungan dengan pacar saya,saya sangat kurus kata tman pil KB bisa menngmukan badan apakah saya bisa menkomsumsi pil KB

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  8. daidaraa says:

    dokk.. saya dalam beberapa bulan ini haid tidak teratuur,, kadand haid 10 hri,berhenti 3 hari,, mens lagi dookk.. saya sudah konsultasi kedokter,, namun tetap saja haid saya takk berhentii.. gimana dokk???

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. uma asri says:

    sy sdh satu tahun menikah tapi belum hamil,saya mau tanya langkah2 apa saja yang dapat membuat saya cepat hamil,terima kasih sebelumnya

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. Adnan says:

    Selamat pagi dokter,
    saya mau tanya istri saya biasa minum pil kb jam 11 malam tapi suatu hari kami berhubungan sebelum atau di bawah jadwal jam minum pil kb nya tapi kami sadar dan beberapa waktu berikutnya segera meminum pil tsb sekitar jam 12 lewat gitu dok.
    yang mau saya tanyakan – apakah kejadian tsb diatas bisa menyebabkan istri saya hamil…
    – apakah setelah mengganti dari suntik trus ke pil itu agak lama proses datang nya haid?

    terima kasih dokter

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. dr. Intan says:

    @Adnan – Jarak minum antara 2 pil KB yang ideal adalah kurang dari 36 jam. Jadi jika hanya terlewat sedikit, seharusnya tidak perlu khawatir terjadi kehamilan.
    Sedangkan pergantian antara suntik ke pil, haid memang tidak akan langsung datang, apalagi jika KB suntik yang digunakan suntik KB 3 bulan. Hal ini dikarenakan karena tubuh membutuhkan waktu untuk mengembalikan kembali keseimbangan hormonal dalam tubuh.

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

  12. endriyani says:

    bener ga sie Dok klo pake pil kb jangka waktu lama bsa varises ato urat pd terlihat

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. tamy says:

    bener ga si dok,klo baru nikah langsung kb,nanti jd susah punya anaK

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat pagi,
      Salam sehat,

      Tergantung jenis penggunaan KB nya, bila ingin cepat memiliki anak setelah penggunaan kontrasepsi maka sebaiknya kb hormonal terutama suntik 3 bulanan dihindari penggunaannya.
      Setelah penggunaan kb suntik 3 bulanan dibutuhkan waktu penyesuaian untuk mengembalikan keseimbangan hormonal ke keadaan semula.

      Terima kasih

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. Vivin says:

    Assalamu’alaikum
    dok saya minum pil KB hampir 2thn lebih ,
    setelah mtusin untuk promil aku stop KB, tpi kok malah kga haid ya ?
    Pernh smpe 5bln trus skrg hmpir 3bln tidak haid,,
    faktor hormon atau apa ya dok ?
    Terus kalo minum pil pnyubur kandungan apa boleh ??

    Terimakasih dok

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat pagi,
      Salam sehat,

      Sebagian besar penyebab gangguan mestruasi post penggunaan kb adalah disebabkan ketidak seimbangan hormonal tubuh.
      Jenis obat penyubur kandungan apakah yang ibu akan gunakan? Memang terdapat pil yang dapat digunakan dalam rangka program kehamilan, namun penggunaannya harus sesuai petunjuk dokter. Bila memang dengan dosis dan jenis penggunaan yang benar tentunya diperbolehkan saja.

      Sebaiknya ibu berobat langsung ke dokter kandungan yang menjadi ahli untuk hal tersebut.

      Semoga bermanfaat
      Terima kasih

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. Vivin says:

    Assalamu’alaikum
    dok saya minum pil KB hampir 2thn lebih ,
    setelah mtusin untuk promil aku stop KB, tpi kok malah kga haid ya ?
    Pernh smpe 5bln trus skrg hmpir 3bln tidak haid,,
    faktor hormon atau apa ya dok ?
    Terus kalo minum pil pnyubur kandungan apa boleh ??

    Terimakasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat pagi,
      Salam sehat,

      Sebagian besar penyebab gangguan mestruasi post penggunaan kb adalah disebabkan ketidak seimbangan hormonal tubuh.
      Jenis obat penyubur kandungan apakah yang ibu akan gunakan? Memang terdapat pil yang dapat digunakan dalam rangka program kehamilan, namun penggunaannya harus sesuai petunjuk dokter. Bila memang dengan dosis dan jenis penggunaan yang benar tentunya diperbolehkan saja.

      Sebaiknya ibu berobat langsung ke dokter kandungan yang menjadi ahli untuk hal tersebut.

      Semoga bermanfaat
      Terima kasih

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  16. ima says:

    Dok saya mau tanya , saya make obat kb andalan ..
    Kalo minum pil kb waktunya tidak teratur bagaimana ,tapi minumnya rutin tiap hari ,,
    Misalkan hari senin minum habis isya , selasa habis magrib , rabu jam 11’an. Pokoknya waktunya tidak tepat jam,?Ÿ?? ,,, dan kira2 saya akan meminum obat kb selama 5tahun’an , karena saya masih blm siap , gimana tu dok .

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  17. Fenny says:

    thanks aku tag di http://fennyhastini.blogspot.com/

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0