Mitos Seputar Pil KB

Pil KB membuat saya GEMUK dan mengalami PENDARAHAN….



  • Estrogen bisa menyebabkan retensi cairan dan garam yang bisa memicu pertambahan berat badan sedangkan progesteron bisa meningkatkan nafsu makan. Tetapi dengan dosis rendah pil KB modern efek ini jarang terjadi.
  • Kenaikan berat badan terjadi karena pasien merasa aman yaitu terlindungi dari kehamilan sehingga pola makan berubah (nafsu makan meningkat) ataupun oleh karena faktor keturunan.
  • Pendarahan dapat terjadi bila pasien terlupa minum pil lebih dari 12 jam karena turunnya kadar hormon dalam tubuh yang diartikan oleh tubuh sebagai tanda sudah boleh menstruasi (ingat bahwa selama minum pil KB menstruasi tidak terjadi)

Pil KB membuat rahim kering dan setelah berhenti minum saya akan sulit punya anak . . .

Tidak perlu dikhawatirkan bahwa penggunaan pil KB akan menyulitkan punya anak, ataupun menyebabkan rahim kering, karena:

Pil KB adalah salah satu metode yang paling reversibel artinya kesuburan langsung kembali bila penggunaan dihentikan. Bahkan pil KB dapat mengurangi resiko infertilitas primer hingga 40%

Pil KB cenderung menyebabkan KANKER…

Hingga saat ini, penyebab terjadinya kanker belum diketahui secara pasti.Tetapi berdasarkan penelitian yang bersifat retrospektif, resiko terkena kanker bagi wanita yang tidak menggunakan kontrasepsi oral lebih besar daripada wanita yang menggunakan kontrasepsi oral.

Pil KB sulit diandalkan karena harus diminum setiap hari dan saya mudah lupa…

Tingkat keandalan pil KB adalah yang paling tinggi di antara semua metode kontrasepsi kecuali sterilisasi. Kegagalan hanya terjadi pada 1 orang diantara 1000 wanita selama pemakaian 1 tahun artinya mempunyai PI = 0,13 dan biasanya disebabkan karena muntah atau lupa minum pil.

Untuk memudahkan Anda mengingatnya dan menjadikan hal ini suatu kebiasaan maka dengan kemasan kalender dari pil KB yang dilengkapi dengan nama hari, hanya satu hari saja yang perlu Anda ingat yaitu hari pertama mulai minum pil KB, serta pilihlah waktu minum pil yang sama setiap hari (misalnya: setelah makan malam, sebelum menggosok gigi malam hari atau sebelum tidur).

Baca Juga:  Nyeri Lutut, Gejala dan Pengobatannya

Pil KB tidak cocok untuk wanita yang belum menikah…

Bisa saja terjadi gangguan / ketidakseimbangan hormonal pada wanita muda yang belum menikah, antara lain: siklus menstruasi tidak teratur, nyeri hingga kejang perut menjelang menstruasi, kulit berminyak bahkan berjerawat, ataupun pola tumbuh rambut yang tidak normal pada wanita / male hair pattern. Oleh karena itu diperlukan terapi dengan pemberian pil yang mengandung hormon yaitu pil KB.

Pil KB memicu timbulnya jerawat sehingga membuat penampilan menjadi tidak menarik…

Jerawat yang sering timbul pada penggunaan pil KB biasanya disebabkan oleh unsur progesteronnya. Tetapi pada pil KB modern biasanya masalah ini agak jarang terjadi. Bahkan, ada pil KB kombinasi modern (OC) yang sekaligus bekerja untuk membuat kulit Anda lebih bersih, halus dan cantik.

DokterSehat – MedicaStore