Mitos Seputar Penularan HIV, dari Gigitan Nyamuk Sampai Oral Seks

DokterSehat.com – HIV merupakan penyakit mematikan yang belum ada obatnya. Penyakit ini bisa ditularkan melalui hibungan seksual, jarum suntik, atau tranfusi darah. Kebanyakan pengidap HIV tidak mengetahui jika sudah terinfeksi virus mematikan ini.



Ketakutan akan HIV terkadang mengembangkan berbagai mitos di masyarakat. Agar terhindar dari HIV sebaiknya Anda mengetahui dengan benar informasi seputar virus mematikan ini. Berikut ini mitos-mitos seputar HIV yang berkembang di masyarakat.

HIV bisa menular bila berdekatan dengan orang yang terinfeksi HIV

Pernyataan tersebut tentu saja hanya mitos. Penelitian membuktikan bahwa HIV tidak bisa menular melalui sentuhan fisik, air mata, keringat, dan air liur. Berinteraksi dengan penderita HIV tidak berbahaya sama sekali. Mereka justru akan lebih bersemangat hidup dan percaya diri bila orang lain mau berinteraksi dengan mereka.

HIV menular lewat nyamuk

Faktanya, HIV tidak bisa menular melalui gigitan nyamuk. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa pernyataan tersebut hanyalah mitos.

Pasangan setia tidak mungkin terjangkit HIV

Kesetiaan tidak menjamin seseorang bisa terhindar dari penyakit HIV. Meski pasangan Anda tidak pernah berganti-ganti pasangan, namun penyebab lainnya juga bisa saja menular ke pasangan tanpa disadari.

HIV tidak menular melalui oral seks

Bila salah satu pasangan sudah terinfeksi HIV maka sangat dianjurkan untuk menggunakan kondom tiap kali berhubungan seks. Faktanya, oral seks pun berpotensi menularkan HIV pada Anda.

Tidak perlu pakai kondom saat berhubungan seks

Faktanya kondom sangat penting untuk mencegah penularan penyakit HIV maupun penyakit lainnya melalui hubungan seks. Bagaimanapun pemakaian kondom itu penting sebagai alat perlindungan sekalipun kedua orang telah terjangkit HIV.

Penderita HIV tak punya harapan hidup

Baca Juga:  Mengapa Stress Bisa Memicu Masalah Pada Kehidupan Seksual? Ini Alasannya

Penderita HIV memiliki hak hidup yang sama dengan orang pada umumnya. Mereka juga masih punya harapan hidup.

Dengan mengetahui informasi yang benar, HIV dapat dicegah penyebarannya.