Mitos-Mitos Mengenai Morning Sickness

DokterSehat.Com – Bagi seorang wanita yang baru saja mengalami kehamilan untuk pertama kalinya, tentu akan sering mendengarkan berbagai saran yang berkaitan dengan morning sickness. Sebagai informasi yang berasal dari American Pregnancy Association, morning sickness ternyata dialami oleh 85 wanita hamil di seluruh dunia dengan gejala layaknya mual-mual dan muntah-muntah selama proses kehamilan berlangsung. Namun, ternyata ada banyak sekali mitos yang berkembang mengenai masalah kehamilan ini. Apa sajakah mitos-mitos tersebut dan apakah mitos ini benar adanya?

doktersehat-hamil-mual-muntah

Pakar kesehatan dari Columbia University Medical Center, Constance Young, M.D, berujar jika morning sickness bisa jadi disebabkan oleh peningkatan kadar progesteron yang sangat masif selama proses kehamilan berlangsung. Namun, tidak semua wanita ternyata mengalami perubahan kadar progesteron ini sehingga tidak mengalaminya sama sekali. Banyak orang yang mempercayai mitos jika ibu hamil dianggap kurang sehat jika tidak mengalami morning sickness. Padahal, meskipun rasionya tidak banyak, banyak ibu hamil yang tidak mengalami masalah ini sama sekali.

Mitos berikutnya tentang morning sickness adalah sebagaimana namanya, rasa mual-mual dan keinginan untuk muntah-muntah hanya terjadi di pagi hari. Selain itu, morning sickness juga diyakini hanya akan terjadi selama trimester pertama kehamilan. Dalam realitanya, morning sickness ternyata bisa terjadi kapan saja selama proses kehamilan berlangsung. Sebagai contoh, banyak ibu hamil yang langsung merasa mual-mual saat perutnya kosong, khususnya saat bangun tidur.

Banyak orang tua yang mewanti-wanti anaknya yang sedang hamil jika morning sickness bisa mempengaruhi suasana hati dan merusak mood seharian. Dalam realitanya, hanya sekitar 3 persen ibu hamil yang mengalami morning sickness yang sangat parah hingga mempengaruhi suasana hati. Asalkan diselingi dengan aktifitas harian yang normal dan makan secara teratur dengan makanan bergizi, seringkali morning sickness hanya akan sesekali muncul dan tidak memberikan pengaruh apapun bagi suasana hati.