Mitos Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

Doktersehat.com- Di Australia, memang direkomendasikan agar setiap hari seorang pria dewasa minum 3,4 liter air putih, sedangkan wanita 2,8 liter. Namun, tidak semuanya harus air putih. Keharusan minum delapan gelas air putih sehari agar bisa mengurangi berat badan dan tetap sehat adalah mitos. Menurut Spero Tsindos dari La Trobe University, kebutuhan air bagi tubuh manusia bisa didapat dari buah-buahan, sayuran, jus, dan bahkan dari minum teh dan kopi.



 “Bila Anda haus, maka minum apa saja. Tidak harus air putih,”.  Namun, keperluan minum air putih 2 liter secara teratur tidak memiliki dasar sama sekali, alias mitos belaka.” kata Tsindos seperti dikutip berbagai media Australia, Rabu (6/6/2012).

Minum air putih sekaligus dalam jumlah banyak juga tidak ada gunanya karena akan keluar lagi sebagai air kencing. Minum air putih sebagai bagian dari diet untuk mengurangi berat badan juga tidak ada gunanya bila tidak disertai dengan latihan fisik ataupun diet rendah kalori.

 “Dan, semakin banyak bukti menunjukkan air putih dan diet yang seimbang lebih berguna dibandingkan sekadar minum air putih saja,” tulis Tsindos dalam Jurnal Kesehatan Publik Australian dan Selandia Baru.

Air putih memang penting untuk kesehatan, tetapi rekomendasi delapan gelas sehari tidak memiliki dasar ilmiah sama sekali.

Mitos lain seputar air putih :

  • ·         Banyak minum air turunkan berat badan
  • ·         Hindari dehidrasi dengan minum 8 gelas per hari
  • ·         Minum banyak air mengeluarkan racun
  • ·         Banyak minum air putih semakin sehat
  • ·         Air dalam kemasan botol lebih sehat
  • ·         Minum air putih memperbaiki kulit Anda

Sumber;kompashealth.com&gayahidup.inilah.com