Mitos Menunda Kehamilan Nanti Susah Punya Anak

Pertanyaan Konsultasi



Halo dokter vanny bernadus .. senang sekali membaca website dokter.. saya jd tertarik untuk ikutan komentar, karena melihat dokter begitu ramah sekali menjawab seluruh pertanyaan yg masuk dan tidak luput satu pun yg tidak dibalas.. dan semuanya saya baca komen2 nya..

Dokter saya mau tanya.. saya sudah menikah 1 tahun.. saya masih menunda karena saya termasuk pasangan yang LDR (long distance Relationship) .. terkadang saya sangat beban mendengar perbincangan orang dgn mitos2 kalau menunda nanti bakalan susah punya anak. Apakah memang kebanyakan yang terjadi seperti itu ya dok? Saya sdh cek USG kata dokter Rahim saya sehat.

Yg kedua.. seminggu lalu tanggal 7 november saya melakukan hubungan badan dgn suami saya dan melepas sperma didalam vagina, saat itu saya masih di saat masa haid di hari ke 5 , mmg stiap bulannya disaat siklus hari ke 5 6 7 darah saya tidak keluar.. namun selalu di hari ke 8 dan 9 darah terakhir yang kadang merah segar atau kecoklatan pasti keluar.. setelah saya memahami artikel dokter, saya paham ada kemungkinan kecil saya bisa hamil.. di tanggal 16 november(seminggu setelah hub*) ini saya mengalami keputihan putih bersih menggumpal dan tidak bau.. yg saya takutkan apabila mmg hamil nanti misalnya janin berkembang, apakah janinnya akan tetap baik? Bukankah sperma dibuahi pada saat darah kotor masih keluar sedikit? Untuk efek kedepannya apakah calon bayi akan sehat atau akan terkena efek jangka panjang akibat kondisi rahim di awal berkembangnya janin itu msh kotor?

Terimakasih dokter maaf jadi curhat.. terimakasih banyak :D

Ibu Icha

Jawaban Konsultasi

Dear Icha,
Bila memang kondisi anda Yg belum memungkinkan untuk memiliki momongan Karena hubungan jarak jauh, Dan bila menurun anda Dan Suami Yg terbaik ialah menunda kehamilan, maka tidak Akan Ada masalah. Memang banyak sekali mitos Yg beredar di kalangan masyarakat Yg tidak bisa dihentikan. Namun bila anda saat Ini menggunakan alat kontrasepsi hormonal seperti KB Suntikan atau pil KB, perlu diperhatikan, Karena bila Kelak anda ingin memiliki momongan, pada beberapa orang bisa saja langsung Hamil, namun Ada juga Yg lama Karena disini faktor hormonal Yg berperan Dan pada masing2 orang berbeda2. Bila and stick menggunakan alat kontrasepsi apa pun, Selama kondisi saluran reproduksi anda Dan Suami sehat, maka kehamilan tetap bisa terjadi.

Baca Juga:  Disfungsi Trombosit, Darah Tak Kunjung Berhenti Saat Terluka

Keputihan Yg tidak berwarna, tidak berbau Dan tidak gatal ialah normal. Dan Akan Hilang dengan sendirinya. Bila keputihan Ini berlanjut terus Dan memang anda positif Hamil, disarankan untuk memeriksakan ke dokter kandungan. Namun pada beberapa kasus, sering terjadi pengeluaran lendir/discharge Yg menyerupai keputihan Selama kehamilan. Hal in disebabkan Oleh perubahan floral normal daerah kewanitaan pada wanita Hamil, dimana kondisi daerah vagina menjadi Lebih lembab. Selama masih dalam kontrol dokter kandungan, anda tidak perlu khawatir.

Salam

Dr Vanny Bernadus
Team DokterSehat.com