Mitos Mencukur Rambut Ketiak Sebaiknya Dilakukan di Malam Hari

DokterSehat.Com – Menurut pakar kesehatan, baik pria maupun wanita ternyata memang sangat disarankan untuk mencukur rambut ketiaknya secara rutin. Dengan ketiak yang jauh lebih bersih dari pertumbuhan bulu, kita bisa menjaganya terbebas dari bau badan yang menyengat. Selain itu, higienitas tubuh secara keseluruhan juga menjadi lebih terjaga. Namun, banyak dari kita masih belum mengetahui cara yang baik dan aman dalam mencukur rambut ketiak. Menurut pakar kesehatan, rambut ketiak ternyata harus dicukur dengan alat yang tepat dan uniknya juga harus memperhatikan waktu pencukurannya, yakni sebaiknya dilakukan di malam hari.

doktersehat-ketiak

Tentu akan menjadi pertanyaan besar mengapa kita sebaiknya mencukur rambut ketiak di malam hari. Namun, menurut pakar kesehatan hal ini memang sangat disarankan karena bisa berpengaruh besar pada kesehatan kulit pada bagian ketiak. Sebagaimana diketahui, waktu malam hari adalah waktu dimana kulit secara alami sedang melakukan proses pemulihan dan meremajakan diri. Sementara itu, saat siang hari, kulit akan cenderung jauh lebih aktif sehingga resiko terkena keringat dan bakteri juga cenderung cukup tinggi. Hal ini berarti jika kita melakukan pencukuran rambut ketiak di pagi atau siang hari, maka dikhawatirkan kulit pada bagian ketiak akan menjadi lebih sensitif. Jika kemudian kita berkeringat, dikhawatirkan pada area kulit yang sedang sensitif ini segera menjadi tempat berkembangnya bakteri sehingga resiko terkena iritasi kemerah-merahan pada ketiak pun cukup tinggi. Sementara itu, jika kita mencukur rambut ketiak di malam hari, kita akan memberikan kesempatan bagi kulit untuk segera memulihkan diri sehingga resiko terkena iritasi pun akan jauh lebih menurun.

Selain memperhatikan waktu pencukuran rambut ketiak, pakar kesehatan juga menyebutkan jika setelah rambut ketiak habis dicukur, ada baiknya kita menghindari penggunaan deodoran terlebih dahulu mengingat saat kondisi kulit masih sensitif, maka akan sangat tidak baik jika terkena bahan-bahan kimia yang ada pada deodoran. Demi mencegah adanya iritasi atau masalah pada kulit ketiak, ada baiknya kita menunggu kulit ketiak memulihkan diri terlebih dahulu, bukan?