Mitos Kangkung Menyebabkan Kantuk

DokterSehat.Com – Beberapa jenis makanan yang kita konsumsi ternyata memiliki mitos yang dipercaya bagi masyarakat. Sebagai contoh, pria yang baru menikah sebaiknya mengkonsumsi banyak tauge agar memiliki kesuburan yang jauh lebih baik. Selain tauge, ada sebuah sayuran yang diyakini bisa memberikan rasa kantuk bagi mereka yang memakannya. Sayuran ini adalah kangkung. Kangkung sendiri adalah tumbuhan yang bisa ditemukan di hampir semua tempat di tanah air. Sayuran ini akan sangat enak jika dimakan dalam kondisi hangat. Bahkan sayuran ini diklaim sebagai salah satu sayuran paling favorit oleh masyarakat tanah air.

12166793135_ced24007ef_k

Mitos tentang jika kita memakan kangkung, maka kita akan mudah ngantuk seharian dipercaya oleh banyak orang. Sayangnya, mitos ini justru belum bisa dibuktikan secara ilmiah karena memang belum ada penelitiannya. Beberapa pakar kesehatan masih menduga-duga jika ada kandungan di dalam kantuk yang bisa menyebabkan efek rileks bagi tubuh yang disebut sebagai triptofan, sebuah protein yang bisa memproduksi hormon serotonin di dalam tubuh. Hormon serotonin sendiri ternyata bisa membuat sistek saraf otak bekerja dengan lebih rileks.

Hanya saja, dugaan tentang kandungan triptofan ini masih belum diteliti dengan benar secara ilmiah sehingga belum bisa membenarkan mitos. Beberapa pakar kesehatan lain justru menduga bahwa mereka yang mengantuk saat siang hari justru terjadi karena faktor ilmiah karena rasa lelah atau jenuh, bukannya karena mengkonsumsi kangkung. Banyak orang yang rajin sarapan dengan sayuran kangkung tapi mengaku tidak mendapatkan efek kantuk sama sekali sehingga mitos kangkung yang menyebabkan kantuk dianggap hanya relatif bagi beberapa orang saja.

Selain kangkung, beberapa makanan lain yang juga dianggap sebagai penyebab kantuk adalah susu kedelai atau susu hewani. Hanya saja, sebagaimana kangkung, kedua jenis minuman ini juga belum bisa dibuktikan apakah benar menyebabkan kantuk atau tidak. Satu hal yang pasti, jika kita tidak ingin mengantuk di siang hari, maka ada baiknya kita mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari sehingga tubuh kita akan selalu segar dan fit dalam melakukan banyak kegiatan di siang hari.