Bagaimana Menyikapi Diagnosis Kanker? – Mitos dan Realita

DokterSehat.Com– Berikut adalah beberapa mitos dan realita dari seseorang dalam menyikapi diagnosis

gejala-dan-tanda-kanker

MITOS: Perbaikan orang dengan kanker stadium lanjut berkembang sangat lambat karena ada konspirasi antara American Medical Association dan perusahaan obat. Beberapa orang penderita kanker dan keluarga mereka menganggap dokter merahasiakan agar obat kanker tetap terbungkus sehingga pasien terus kembali untuk perawatan kanker.

REALITA: Apakah ada orang yang berpikir bahwa penyembuhan kanker akan tetap dirahasiakan dalam jangka waktu yang lama? Tentu saja tidak.

Sekarang, mari pikirkan hal ini sejenak. Perawat terkena kanker. Apoteker terkena kanker. Dokter terkena kanker, begitu pula anggota keluarga para profesional kesehatan lainnya ini.  Internet bisa menjadi sumber terbaik Anda untuk mendapatkan informasi yang masuk akal (tapi juga terkadang merupakan repositori untuk beberapa hal terburuk). Obat kanker tidak ada di dunia maya, atau di klinik-klinik tradisional, atau dengan penyembuh di negara tertentu manapun.

MITOS: Kenapa para ahli tidak bisa menyembuhkan kanker?

REALITA: Pertanyaan ini menggarisbawahi kesalahpahaman umum bahwa kanker adalah satu penyakit. Padahal, kanker adalah kumpulan ratusan penyakit. Setiap penyakit memiliki catatan biologis yang unik, dan masing-masing dapat disebabkan oleh keadaan yang sangat berbeda. Kanker yang dimulai di payudara berbeda penyakitnya dibanding kanker yang dimulai di paru-paru, misalnya. Satu “peluru ajaib” tidak akan membasmi semua jenis kanker.

Sebuah penelitian besar dari University of Chicago menyatakan bahwa kelangsungan hidup dari kanker tidak berbeda sekarang dibandingkan dengan 30 tahun yang lalu. Ini adalah pandangan yang ekstrem karena, sebenarnya, penderita kanker hidup lebih lama dan jelas memiliki kualitas hidup yang lebih baik daripada generasi sebelumnya. Saat ini, 2 dari setiap 3 orang yang didiagnosis menderita kanker hidup lebih dari 5 tahun setelah diagnosis mereka. Pada tahun 1970, kondisi tersebut hanya berlaku untuk sekitar 1 dari 3 penderita kanker.

Baca Juga:  Bagaimana Menyikapi Diagnosis Kanker? - Tips yang Perlu Diikuti

Kita mengetahui hal ini karena beberapa jenis kanker memang dapat disembuhkan, bahkan pada kanker stadium lanjut seperti kanker testis, limfoma Hodgkin dan non Hodgkins, leukemia akut pada anak-anak dan orang dewasa, dan pada beberapa jenis kanker lainnya.

MITOS: Jika penderita kanker mampu bertahan selama beberapa waktu ke depan, akan ada vaksin pencegah kanker di kemudian hari.

REALITA: Meskipun ada kemajuan spektakuler dalam pengobatan kanker dan meskipun penderita kanker kini hidup jauh lebih lama daripada di masa lalu, tidaklah masuk akal untuk mengharapkan, dalam tahun-tahun depan, akan ada beberapa vaksin ajaib untuk memusnahkan kanker. Kemajuan melawan kelompok penyakit yang ditakuti ini memang sangat lamban, namun bergerak maju ke arah yang benar. Lagipula perlu diingat, kanker adalah penyakit yang ada sejak jaman dahulu kala, ketika jaman kerajaan-kerajaan masih kental di dunia.

Uji coba klinis dan terapi konvensional memang menjanjikan, namun penyembuhannya tidak mungkin dilakukan untuk pasien kanker stadium lanjut, yang sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain saat pertama kali ditemukan.

Dari sekian mitos tentang pengobatan kanker, yang paling mungkin adalah adalah memberikan jaminan kualitas hidup kepada penderita kanker yang lebih baik karena fasilitas kesehatan kini semakin maju dan perawatan jauh lebih baik untuk mengatasi kanker dan rasa sakit, mual, dan muntah daripada yang kita lakukan beberapa tahun yang lalu.

Bagaimana Menyikapi Diagnosis Kanker? – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4