Mitos Daging Kambing Memicu Penyakit Darah Tinggi

DokterSehat.Com – Terdapat sebuah mitos yang sangat dipercaya oleh masyarakat dimana jika seseorang memiliki hobi mengkonsumsi daging kambing, maka Ia pun akan beresiko tinggi mendapatkan penyakit darah tinggi. Banyak orang berasumsi bahwa daging kambing memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan tekanan darah. Apakah mitos ini benar adanya?

doktersehat-hipertensi-tekanan-darah-tinggi-jantung-stroke

Berbeda dengan mitos yang dipercaya oleh masyarakat, pakar kesehatan justru berpendapat bahwa daging kambing tidak bisa dijadikan kambing hitam pertama jika seseorang terkena hipertensi. Memang, kandungan lemak di dalam daging kambing cukup tinggi. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan jika kandungan lemak jenuh dari daging kambing masih tidak sebanyak kandungan lemak tak jenuhnya. Bahkan, pakar kesehatan menyebutkan jika kandungan lemak jenuh yang terdapat dalam daging kambing justru lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang terdapat pada daging sapi atau daging domba.

Melihat adanya fakta-fakta ini, pakar kesehatan pun menganggap daging kambing bukanlah pemicu utama masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hanya saja, kita tentu tidak serta merta kemudian dengan sembarangan mengkonsumsi daging kambing karena jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan, maka barulah kita mulai khawatir bahwa kandungan lemak pada daging kambing bisa memicu masalah kesehatan. Andai kita adalah penggemar daging kambing, kita juga tidak perlu khawatir akan resiko terkena hipertensi asalkan kita tidak mengkonsumsi jeroan daging kambing yang memang kurang sehat untuk dikonsumsi. Jeroan daging kambing sangatlah kaya akan lemak jahat yang berpotensi membuat penyumbatan pada aliran darah yang bisa berlanjut pada masalah stroke atau penyakit jantung.

Jika anda tetap ingin aman dalam mengkonsumsi daging kambing, maka kita bisa memakai tips sederhana dengan cara mengkonsumsi jus jeruk yang diyakini bisa menetralisir lemak jenuh pada daging kambing. Hanya saja, tetaplah ingat untuk tidak mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan agar kesehatan tubuh pun tetap terjaga.