Mitos atau Fakta: Makan Nangka Saat Hamil Muda Bisa Memicu Keguguran

DokterSehat.Com – Cukup banyak mitos kehamilan yang dipercaya oleh masyarakat luas. Mitos-mitos ini sayangnya belum tentu bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Salah satunya adalah mitos yang menyebutkan bahwa buah nangka jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil muda bisa menyebabkan keguguran. Apakah hal ini benar adanya?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa telah ada beberapa penelitian medis yang membuktikan bahwa buah nangka ternyata aman untuk dikonsumsi oleh ibu yang masih dalam kondisi hamil muda. Hampir semua buah ternyata boleh-boleh saja dikonsumsi oleh ibu hamil, asalkan mereka tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan dan tetap memperhitungkan kadar vitamin dan nutrisi lainnya agar tetap seimbang.

Untuk buah nangka sendiri, kita bisa menemukan kandungan bergizi seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, beta karoten, kalsium, dan berbagai macam mineral. Berbagai kandungan ini justru sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa mendukung kesehatan kehamilan sekaligus perkembangan janin. Tak hanya itu, nangka ternyata kaya akan kandungan serat yang bisa membuat ibu menjaga kesehatan saluran pencernaannya dengan lebih baik.

Hanya saja, buah nangka ternyata tidak boleh dikonsumsi ibu hamil jika memang ibu mengalami alergi pada buah ini atau memiliki diabetes. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar gula pada buah ini.

Tak hanya buah nangka, ada buah-buah lainnya yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil seperti pepaya, jeruk, dan juga apel. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ibu hamil sebaiknya memperhatikan asupan gizi secara seimbang dari berbagai macam makanan, bukan hanya dari buah-buahan saja.

Melihat adanya fakta ini, ibu hamil sebaiknya tidak perlu khawatir lagi dalam mengkonsumsi buah nangka karena memang tidak akan menyebabkan keguguran.