Mitos atau Fakta? Benda-Benda yang Kerap Kita Pakai Ini Bisa Memicu Datangnya Kanker

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mendapatkan pesan berantai di aplikasi chatting atau media sosial yang menyebutkan bahwa beberapa benda yang kerap kita gunakan sehari-hari ini bisa memicu datangnya penyakit kanker. Sebenarnya, apakah isi dari pesan berantai tersebut benar adanya?

doktersehat-alergi-daging

Cat rambut memicu kanker
Kerap memakai cat rambut disebut-sebut bisa memicu kanker payudara. Namun, menurut penelitian yang dilakukan oleh IARC Working Group, disebutkan bahwa penggunaan cat rambut asalkan tidak dilakukan sering-sering tidak akan memicu datangnya kanker. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa jika cat rambut yang diproduksi setelah tahun 1980-an lebih aman untuk digunakan bagi manusia.

Kerap makan sosis dan daging olahan lainnya bisa memicu kanker
Meskipun enak, banyak orang yakin bahwa daging olahan seperti sosis, nugget, kornet, dan lain sebagainya bisa memicu kanker jika kerap dikonsumsi. WHO menyebutkan bahwa hal ini ternyata benar adanya. Ada baiknya kita memilih daging segar dari hewan lain, khususnya daging putih dari unggas atau ikan yang lebih aman untuk dikonsumsi.

Daging yang dibakar bisa memicu kanker
Kerap mengkonsumsi daging bakar, khususnya bagian yang gosong disebut-sebut bisa memicu kanker. Hal ini ternyata benar adanya, tepatnya dalam memicu kanker usus besar. Ada baiknya memang kita tidak sering-sering mengkonsumsi daging yang dibakar.

Gelombang microwave memicu kanker
Cancer Council dari Australia menyebutkan bahwa asalkan digunakan sesuai dengan petunjuk yang benar, maka microwave tidak akan membahayakan kesehatan tubuh atau merusak nutrisi dari makanan.

MSG menyebabkan kanker
MSG atau monosodium glutamate disebut-sebut bisa memicu kanker jika kerap kita tambahkan pada makanan yang kita konsumsi. Cancer Council menyebutkan bahwa MSG tidak bersifat karsinogen atau memicu kanker. Namun, bahan makanan ini tinggi kandungan garam sehingga sebaiknya tidak sering kita konsumsi.

Baca Juga:  Berbahayakah Jika Kasur Pembungkus Kasur Tidak Dilepas?

Minuman beralkohol menyebabkan kanker
Badan kesehatan NHS dari Ingris menyebutkan bahwa mengkonsumsi alkohol hingga lebih dari 80 ml setiap minggunya memang bisa meningkatkan resiko terkena kanker.

Wifi router
Banyak orang yang khawatir untuk menggunakan Wifi router di rumahnya karena diangap bisa memicu kanker. National Cancer Institute dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa gelombang radio dari Wifi router di rumah kita sangatlah rendah sehingga tidak mampu memicu kanker.