Misoprostol – Indikasi dan Efek Samping

DokterSehat.ComMisoprostol



Nama dagang: Cytotec
Sediaan: Misoprostol tablet 100 mcg, 200 mcg

Apa itu misoprostol (Cytotec)?
Misoprostol mengurangi asam lambung dan menggantikan zat pelindung di lambung dimana zat pelindung tersebut dihambat oleh obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dan aspirin.

Misoprostol digunakan untuk mencegah pembentukan ulkus di perut selama pengobatan dengan aspirin atau NSAID seperti ibuprofen (Motrin, Advil, Nuprin, lainnya), ketoprofen (Orudis, Orudis KT, Oruvail), naproxen (Naprosyn, Aleve, Anaprox, Naprelan), oxaprozin (Daypro), indometasin (Indocin), diklofenak (Voltaren, Cataflam), etodolak (Lodine), piroksikam (Feldene), meloxicam (Mobic), tolmetin (Tolectin), nabumetone (Relafen), dan fenoprofen (Nalfon) . NSAID dan aspirin digunakan untuk mengobati rasa sakit, demam, artritis (radang sendi), pegal linu, dan kondisi inflamasi.

Misoprostol juga dapat digunakan untuk tujuan selain yang tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Apa saja kemungkinan efek samping misoprostol (Cytotec)?

Misoprostol

Photo Credit: Wikimedia Common

Berhenti menggunakan misoprostol dan dapatkan bantuan medis darurat jika Anda mengalami reaksi alergi (sulit bernapas; tenggorokan terasa tertutup; pembengkakan bibir, lidah, atau wajah).

Misoprostol dapat menyebabkan diare ringan sampai sedang, kram perut, dan / atau mual. Masalah ini biasanya terjadi selama beberapa minggu pertama pengobatan dan berhenti setelah sekitar seminggu. Terjadinya diare bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi misoprostol dengan makanan. Hubungi dokter Anda jika gejala ini bertahan lebih dari 8 hari atau jika sudah parah.

Efek samping lainnya yang kurang serius juga bisa terjadi. Lanjutkan untuk mengkonsumsi misoprostol dan konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengalami:

  • muntah
  • perut kembung
  • sembelit
  • sakit kepala
  • kram menstruasi, plek, atau menstruasi tidak teratur.

Efek samping selain yang tercantum di sini juga bisa terjadi. Bicaralah dengan dokter Anda tentang efek samping yang tampaknya tidak biasa atau yang sangat mengganggu. Anda dapat melaporkan efek samping ke nomor (021) 4250767 atau (021) 4227875.

Misoprostol – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4