Minyak Zaitun, Bahan Alami Yang Bisa Menangangi Ketombe

DokterSehat.Com – Disamping dipakai sebagai salah satu bahan makanan yang dikenal sehat dan baik untuk program diet, minyak zaitun ternyata juga bisa dipakai sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan tubuh. Pakar kecantikan bahkan telah menyebutkan jika minyak zaitun akan sangat baik bagi rambut kita, khususnya dalam menghilangkan ketombe. Sebagaimana kita ketahui, ketombe adalah salah satu masalah rambut yang cukup sering menyerang dan membuat frustrasi karena sangat sulit untuk dihilangkan. Lantas, apa yang bisa kita lakukan dengan minyak zaitun agar bisa mengatasi masalah ketombe pada rambut kita?

shutterstock_80786308 copy

Cara paling mudah untuk memakai minyak zaitun dalam menghilangkan ketombe adalah dengan mengolekskannya ke kulit kepala dengan menyeluruh dan kemudian membiarkannya semalamam. Dengan trik ini, minyak zaitun bisa membuat kulit kepala menjadi lebih lembab. Cukup dengan sekitar 10 tetes minyak zaitun, oleskan secara menyeluruh dan disertai dengan pijatan lembut ke kulit kepala. Setelah itu, tutup kepala dengan shower cap agar minyak zaitun tidak membuat bantal menjadi kotor. Di pagi hari, cobalah untuk berkeramas untuk membersihkan minyak zaitun yang menempel pada rambut dan masalah ketombe pun bisa segera menghilang.

Jika kita tidak memiliki banyak waktu untuk mengatasi ketombe, kita juga bisa memakai trik perawatan minyak zaitun panas. Sekitar 80 ml minyak zaitun dipanaskan hingga menghangat pada kompor dengan nyala api yang kecil. Setelah rambut dibasahi, kita bisa merendam handuk kecil ke dalam panci berisi minyak zaitun hangat dan kemudian memakai handuk kecil ini untuk dikenakan ke kepala selama 30 menit. Setelah itu, kita bisa membersihkan rambut dengan shampoo. Dengan melakukan hal ini secara rutin, masalah ketombe pun akan segera menghilang dan rambut bisa menjadi sehat kembali.