Minyak Levender sebagai Terapi Saraf, Radang Pernapasan, dan Perawatan Kulit

DokterSehat.Com – Lavender adalah tanaman indah nan wangi yang digunakan sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit. Penggunaan yang paling umum adalah dari minyak esensial lavender, yang diekstrak dari bunga lavender.

doktersehat-lavender

Beberapa dari banyak manfaat kesehatan dari lavender adalah:

Sistem saraf

Minyak esensial lavender memiliki aroma menenangkan. Karena efek yang menenangkan ini, lavender sering digunakan untuk mengobati sakit kepala dan migrain. Kenapa? Karena sakit kepala itu sendiri dapat berasal dari  kecemasan, depresi, ketegangan saraf, dan stres emosional.  Lavender memberikan sensai relaksan pada saraf.

Pereda nyeri

Karena efek lavender terhadap saraf adalah merilekskan, minyak esensial lavender efektif untuk menghilangkan rasa sakit, mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh nyeri otot dan keseleo, rematik, sakit punggung, dan sakit pinggang. Hal ini biasanya dipijat ke daerah yang terkena.

Insomnia

Aroma menenangkan dari lavender menginduksi tidur dan karena itu digunakan untuk mengobati insomnia.

Gangguan pernafasan

Minyak lavender digunakan secara luas untuk mengobati berbagai masalah pernapasan termasuk flu, infeksi tenggorokan, asma, sinusitis, bronkitis dan tonsilitis. Biasanya minyak lavender diberikan dalam bentuk uap pada kulit leher, punggung dan dada.

Perawatan Kulit

Lavender dikenal karena sifat antiseptik dan antijamur dan karena itu bermanfaat untuk masalah kulit termasuk jerawat, psoriasis, dan peradangan lainnya. Hal ini digunakan untuk menyembuhkan luka karena teriris, lecet, maupun luka bakar. Lavender yang  ditambahkan ke Chamomile juga bermanfaat untuk mengobati eksim. (dr. Ursula Penny)