Masuk Angin Saat Mudik? Oleskan Minyak Kayu Putih di Bagian Ini

mudik_bus_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/ Soham Banerjee

DokterSehat.Com– Salah satu benda yang wajib dibawa saat melakukan perjalanan mudik adalah minyak angin atau minyak kayu putih. Benda ini bisa menjadi penolong saat tubuh mulai terasa tidak nyaman, masuk angin, atau mulai mengalami gejala mabuk perjalanan.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa terdapat beberapa titik di tubuh kita yang bisa kita oleskan dengan minyak kayu putih jika ingin mengatasi masuk angin. Titik pertama yang sebaiknya kita olesi adalah bagian belakang lutut atau lipatan kaki. Dengan mengoleskan minyak kayu putih di daerah ini, maka tubuh akan terasa lebih hangat sehingga bisa menurunkan gejala masuk angin. Selain itu, kita juga bisa mengoleskannya ke perut atau leher. Tubuh akan terasa lebih hangat dan nyaman sehingga kita pun bisa meneruskan perjalanan mudik dengan nyaman.

Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada cara lain yang jauh lebih efektif mengatasi masuk angin dan mabuk perjalanan daripada menggunakan minyak kayu putih atau mengonsumsi obat anti mabuk, cara tersebut adalah dengan mengonsumsi minuman jahe hangat. Dengan mengonsumsi minuman jahe hangat, maka saluran pencernaan bisa menjadi lebih hangat dan nyaman sehingga sensasi mual atau keinginan muntah bisa ditekan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi minuman jahe hangat sebelum memulai perjalanan mudik, bukannya hingga menunggu sensasi mual-mual, pusing, dan tidak enak badan muncul. Hanya saja, jika kita sudah terlanjur mengalami gejala mabuk perjalanan tersebut, tidak ada salahnya untuk segera mengonsumsinya demi mencegah muntah-muntah dan masalah kesehatan lainnya.