Minyak Kayu Putih Boleh Diminum?

DokterSehat.Com– Minyak kayu putih termasuk dalam obat luar yang digunakan dengan cara mengoleskannya pada kulit. Sensasi hangat dari minyak kayu putih akan mengatasi masalah perut kembung, masuk angin, dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Namun, ada orang yang sengaja meminum minyak kayu putih ini layaknya minum jamu karena yakin bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Apakah anggapan ini benar adanya?

Pakar kesehatan menyebut kandungan minyak kayu putih tergolong sebagai hidrokarbon mengingat adanya zat minyak di dalamnya. Jika sampai tertelan, maka ada resiko untuk mengalami keracunan dengan gejala seperti mual-mual, muntah, kepala pusing, gangguan pernafasan, hingga gangguan aliran darah.

Hanya saja, bagi mereka yang sudah terbiasa meminum minyak kayu putih, berbagai efek samping ini bisa dicegah asalkan mengkonsumsinya dengan dosis yang kecil. Selain itu, minyak kayu putih yang boleh diminum adalah yang masih murni. Jika anjuran ini tidak dipatuhi, maka resiko seperti munculnya keringat dengan berlebihan atau meningkatnya denyut jantung bisa terjadi.

Konsumsi minyak kayu putih juga harus dicampurkan dengan air minum, bukannya langsung diminum begitu saja. Biasanya, air putih yang dimasukkan pada air minum hanyalah beberapa tetes saja. Larutan ini disebut-sebut bisa mengatasi pilek, infeksi pada tenggorokan, hingga dijadikan obat kumur yang mampu mengatasi sariawan atau masalah gusi bengkak.

Jika sampai setelah mengkonsumsinya kita mengalami gejala keracunan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada baiknya kita segera meminum susu untuk menetralisir kondisi di dalam perut. Jika gejalanya cukup parah, segeralah memeriksakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan solusi medis yang tepat.

Melihat adanya fakta ini, meskipun ada banyak orang yang telah membuktikan khasiatnya dengan diminum, pakar kesehatan sebenarnya tidak merekomendasikan konsumsi minyak kayu putih mengingat adanya risiko terkena keracunan.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik