Minyak Ikan Memiliki Efek Setara Dengan Obat Anti Depresi

DokterSehat.Com – Belakangan ini, pakar kesehatan menyebutkan jika semakin banyak orang yang mengalami masalah psikologis layaknya depresi. Tekanan kehidupan yang semakin berat, khususnya dari dunia pekerjaan atau bahkan lingkungan sosial dan media sosial ditengarai menambah jumlah orang yang mengalami depresi. Demi mengatasi hal ini, pakar kesehatan pun mencoba mencari solusi untuk mengatasi masalah depresi ini. Uniknya, sebuah penelitian terbaru menemukan fakta menarik dimana bahan makanan layaknya minyak ikan ternyata bisa menjadi obat anti depresi yang cukup efektif. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-minyak-ikan-sehat-nutrisi-vitamin-fish-cod

Pakar kesehatan menyebutkan jika konsumsi minyak ikan yang kaya akan omega 3 akan membuat efek obat anti depresi menjadi lebih kuat dalam menyembuhkan pasien depresi. Dari 40 kali percobaan pada penelitian yang mempelajari efek kombinasi obat anti depresi dengan bahan layaknya minyak ikan omega 3, vitamin D, dan juga zinc, diketahui jika pasien depresi yang mengkonsumsi obat dan minyak ikan omega 3 akan menunjukkan gejala-gejala depresi lebih sedikit jika dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi obat anti depresi saja.

Penelitian yang telah diterbitkan oleh sebuah jurnal kesehatan bernama American Journal of Psychiatry menyebutkan jika minyak ikan omega 3 ditengarai memiliki pengaruh besar pada kinerja otak seseorang, khususnya pada bagian yang mengendalikan tingkatan depresi hingga suasana hati. Hal ini berarti, minyak ikan memang bisa membantu para pasien depresi untuk segera sembuh dari penyakit psikologis ini.

Dengan adanya hasil penelitian ini, pakar kesehatan pun meyakini jika rutin mengkonsumsi minyak ikan omega 3 akan sangat baik bagi mereka yang mengalami masalah depresi. Konsumsi minyak ini bahkan bisa menjadi pengobatan alternatif bagi mereka yang mengalami masalah depresi namun tidak memiliki biaya yang cukup untuk mengunjungi psikiater.