Minyak Ikan Bisa Menyehatkan Tubuh

DokterSehat.Com – Jika kita mendengar minyak ikan, maka kita biasanya akan berpikir tentang sebuah bahan makanan yang bisa membantu pertumbuhan anak-anak mengingat banyak kandungan gizi yang sangat baik. Minyak ikan sendiri dikenal luas sebagai salah satu bahan makanan dengan begitu banyak kebaikan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik dalam membuat daya tahan tubuh semakin membaik. Disamping itu, mengkonsumsi minyak ikan juga dapat membuat tekanan darah menjadi stabil. Apakah hanya ini kebaikan yang disediakan oleh minyak ikan?



Minyak ikan ternyata masih memberikan begitu banyak kebaikan bagi tubuh kita. Asam lemak omega 3 juga diyakini bisa membuat tubuh kita mendapatkan kadar lemak di dalam darah yang semakin berkurang sehingga resiko mendapatkan penyakit jantung pun akan menurun. Jika anda memiliki penyakit radang sendi, asma, atau bahkan diabetes, minyak ikan pun dipercaya dapat membuat kondisi tubuh anda menjadi semakin membaik.

Berbagai khasiat dari minyak ikan ini telah dipelajari oleh banyak sekali studi. Sebagai contoh, sebuah studi kesehatan di Australia sendiri membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi setidaknya 500 mg minyak ikan setiap hari ternyata berpotensi mendapatkan resiko gangguan terhadap jantung dan pembuluh darah semakin menurun. Disamping itu, resiko mendapatkan kepikunan atau kanker juga semakin menurun.

Apakah semua minyak ikan itu baik? Ternyata minyak ikan dari ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, dan juga ikan makarel lah yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang terbaik untuk dikonsumsi. Hanya saja, kita jangan mengkonsumsi minyak ikan terlalu banyak karena bisa meningkatkan resiko mendapatkan kanker prostat. Kini, kita bisa mendapatkan minyak ikan dalam bentuk sirup atau kapsul dengan dekat di apotek dan swalayan terdekat.