Khasiat Minyak Eukaliptus untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

doktersehat-minyak-ekaliptus-untuk-kulit
Photo Credit: Flickr.com/Adam

DokterSehat.Com– Bicara soal minyak esensial, ternyata ada beragam jenis minyak esensial yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Salah satunya adalah minyak eukaliptus. Minyak eukaliptus merupakan salah satu bahan alami yang sudah digunakan sejak lama oleh suku Aborigin untuk mengobati beragam masalah kesehatan. Tidak hanya di Australia saja, minyak satu ini rupanya juga bahan andalan masyarakat Tiongkok, India hingga Afrika. Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya mengapa minyak eukaliptus kerap digunakan dalam sejumlah pengobatan tradisional, terutama untuk merawat kulit. Hal ini lantaran minyak eukaliptus mampu:

1. Mengatasi Kulit yang Meradang

Salah satu manfaat dari minyak eukaliptus adalah mampu meredakan peradangan pada kulit. Dilansir dari laman Up Nature, minyak eukaliptus dilengkapi dengan kandungan bahan anti peradangan. Bahan anti peradangan pada minyak eukaliptus akan mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan dan mempercepat proses penyembuhan kulit Anda.

2. Menjaga Kulit Tetap Bersih

Tidak hanya dapat meredakan kulit yang meradang, penggunaan minyak eukaliptus juga dapat menjaga kulit tetap bersih. Hal ini lantaran kandungan bahan antiseptik yang ada di dalam minyak eukaliptus. Kandungan bahan antiseptik pada minyak eukaliptus akan menjaga kulit tetap bersih dan terhindar dari infeksi jamur hingga bakteri yang kerap menimbulkan sejumlah masalah kulit.

3. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Anda juga dapat menggunakan minyak eukaliptus sebagai sunscreen alami. Dilansir dari laman Up Nature, minyak eukaliptus mengandung SPF 3. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena SPF tersebut akan bertambah saat Anda mengombinasikan minyak eukaliptus dengan bahan lain. Misalnya saja dengan minyak zaitun yang dapat meningkatkan jumlah SPF-nya hingga ke angka 8. Sunscreen sendiri ampuh melindungi kulit dari sinar UV yang kerap menyebabkan dampak buruk radikal bebas.

4. Mencegah Jerawat Meradang

Anda memiliki jenis kulit berminyak atau pun rentan berjerawat? Jangan khawatir karena hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan minyak eukaliptus. Minyak eukaliptus merupakan salah satu minyak yang ampuh membersihkan bakteri penyebab jerawat. Lebih lanjut, penggunaan minyak eukaliptus juga mempercepat proses penyembuhan kulit.

Kulit eukaliptus sendiri sudah banyak ditemukan dalam bentuk kemasan yang memudahkan Anda dalam menggunakannya. Namun, bagi Anda yang tidak dapat menggunakan minyak eukaliptus secara langsung dapat memilih skincare dengan kandungan esktrak minyak eukaliptus yang lebih aman dan praktis. Nah, untuk mendapatkan hasil yang optimal jangan malas untuk menggunakan minyak eukaliptus secara rutin, ya!

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik