Ragam Minyak Esensial yang Cocok untuk Kulit Kering

doktersehat-minyak-esensial-untuk-kulit-kering
Photo Credit: Flickr.com/Marco Verch

DokterSehat.Com– Memiliki kulit yang kering tentu saja membuat Anda lebih selektif lagi dalam memilih produk perawatan kulit, baik yang dari merk ternama atau pun bahan-bahan alami. Hal ini disebabkan karena kulit sensitif rentan mengalami sejumlah masalah iritasi atau pun alergi. Bahkan, tidak jarang kulit sensitif mengalami breakout saat menggunakan bahan atau produk perawatan dengan kandungan tertentu. Nah, bagi Anda yang senang menggunakan minyak esensial, tidak ada salahnya untuk menyediakan sejumlah minyak esensial berikut yang baik untuk kulit kering.

1. Cedarwood

Dilansir dari laman Essential Oil Haven, salah satu minyak yang cocok untuk kulit kering adalah minyak cedarwood. Minyak yang diolah dari kayu cedar ini mengandung formula bahan yang berfungsi sebagai astringen. Tidak heran jika minyak satu ini sangat disarankan untuk Anda yang memiliki kulit kering dengan sejumlah masalah seperti jerawat atau pun infeksi pada kulit. Pasalnya, kandungan astringen pada minyak kayu cedar tidak hanya melembapkan, tetapi juga mengecilkan pori-pori.

2. Frankincense

Minyak lain yang dapat digunakan untuk kulit kering adalah frankincense. Minyak satu ini mengandung bahan anti penuaan yang baik untuk mencegah garis halus mau pun kulit kendor. Lebih lanjut, minyak frankincense ternyata juga ampuh dalam melembapkan kulit. Tidak hanya digunakan secara langsung, Anda juga dapat mencampurkan minyak satu ini dengan toner.

3. Sandalwood

Anda juga dapat menggunakan minyak dari sandalwood. Minyak satu ini mengandung beragam bahan aktif yang mampu melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Apalagi sebagai pemilik kulit kering, Anda tentu rentan mengalami reaksi iritasi, alergi atau pun gatal-gatal dan ruam. Minyak sandalwood tidak hanya mengunci kelembapan sel kulit saja, tetapi juga dapat meredakan rasa gatal dan ruam pada kulit.

Siapa yang menyangka jika sejumlah minyak esensial di atas tidak hanya melembapkan. Namun, juga menutrisi kulit dengan vitamin dan mineral tertentu. Apalagi sejumlah minyak esensial khusus kulit kering di atas juga menjadikan kulit terhindar dari sejumlah masalah.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik