Minyak-minyak Esensial yang Bisa Mengatasi Jerawat

doktersehat-minyak-esensial-untuk-jerawat
Photo Credit: Pexels.com/Mareefe

DokterSehat.Com– Jerawat membandel yang menyebalkan menjadi masalah bagi banyak orang. Perlu perawatan khusus yang tidak jarang berharga mahal. Namun, ada cara pengobatan alami yang bisa Anda lakukan sendiri. Salah satunya adalah dengan minyak esensial. Mari simak bersama!

1. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree dianggap sebagai salah satu minyak esensial paling baik untuk mengatasi jerawat. Hal ini dibuktikan dengan uji klinis kepada beberapa orang yang berjerawat. Hasilnya, sebagian besar merasa nyaman dengan penggunaan minyak tea tree. Minyak tea tree kaya akan antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, serta mengurangi peradangan.

Anda hanya perlu mengoleskan minyak pohon teh pada jerawat menggunakan kapas. Diamkan selama beberapa lama sebelum membilasnya. Lakukan perawatan ini rutin sebelum tidur. Namun, perhatikan pemakaian, jangan menggunakannya lebih dari dua kali dalam sehari, sebab hal tersebut bisa membuat kulit wajah menjadi kering.

2. Minyak Lavender

Perawatan jerawat menggunakan minyak esensial bunga lavender ini merupakan yang cukup umum digunakan. Kita tahu bahwa jerawat bisa muncul sebab stress, dan fungsi dari minyak esensial lavender ini, salah satunya adalah menenangkan, mereduksi stress hingga bisa membantu mengendalikan timbulnya jerawat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, teteskan beberapa tetes minyak esensial lavender ke dalam air panas, dekatkan wajah Anda ke permukaan air hingga dapat Anda rasakan uapnya. Tutup kepala yang menunduk sebab wajah menghadap ke permukaan air menggunakan handuk agar uap terjaga. Hirup uapnya dan biarkan uap tersebut berada di kulit wajah Anda untuk beberapa lama. Terakhir, oleskan es batu ke wajah Anda. Minyak lavender memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

3. Minyak Eucalyptus

Minyak eucalyptus memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi tingkat minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak. Hal yang perlu Anda siapkan untuk perawatan jerawat menggunakan minyak kayu putih ini adalah hanya beberapa tetes minyak eucalyptus dan pelembap wajah. Campurkan beberapa tetes minyak eucalyptus tersebut ke pelembap yang akan Anda gunakan. Oleskan ke daerah wajah yang sedang berjerawat. Lakukan hal ini sebelum tidur, setiap hari. Hanya saja, perawatan menggunakan minyak eucalyptus ini dapat menimbulkan masalah bagi Anda yang menderita gangguan system pernapasan seperti asma. Jadi, bila ingin menggunakannya, sebaiknya berhati-hati.