Minyak Daun Mint Bisa Mencegah Iritasi Usus

DokterSehat.Com – Tanaman dengan nama latin Mintha Spacata ini merupakan salah satu herbal tertua dan paling popular yang berkembang diseluruh dunia.



Tanaman yang umum digunakan sebagai bahan tambahan masakan ini terbagi menjadi beberapa jenis yang masing-masing memiliki aroma yang berbeda. Selain sebagai bahan tambahan rasa pada makanan dan minuman, tanaman ini juga dijadikan dalam bentuk pil.
Penelitian ini dilakukan oleh University of South Alabama, Amerika Serikat. Panitia penguji memberikan pil yang mengandung minyak daun peppermint kepada 72 pasien yang mengidap sindrom iritasi pada usus, dilansir dari laman Dailymail, Rabu (9/12/2015).

Para pasien meminum pil tersebut sebanyak tiga kali sehari. Dan setelah 24 jam lamanya, pil tersebut menunjukkan adanya pengurangan gejala iritasi pada usus sebanyak 20 persen.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Digestive Diseases and Sciences menunjukkan, pengurangan gejala iritasi pada usus ini secara drastis menurun sebanyak 40 persen dalam satu bulan terakhir.

Hal ini terjadi karena terdapat satu senyawa utama dalam pil tersebut bernama L-mentol, para peneliti menyatakan bahwa senyawa itu mampu menenangkan dan meredakan gejala iritasi pada usus.

BACA JUGA : Seputar Baby Blue Sindrom