Menjaga Kebersihan Kulit dengan Minyak Cengkeh

doktersehat-minyak-cengkeh-untuk-perawatan-kulit
Photo Credit: Pexels.com/ Miguel Á. Padriñán

DokterSehat.Com– Bicara soal minyak esensial, jenis minyak satu ini terbuat dari bahan-bahan yang alami, baik dari tanaman mau pun bagian tertentu hewan. Nah, khusus untuk minyak esensial yang terbuat dari tanaman ternyata kebanyakan menggunakan rempah-rempah sebagai bahan utamanya. Hal ini tidak lain tidak bukan dikarenakan oleh kandungan bahan aktif yang sangat kompleks pada rempah-rempah. Termasuk dengan cengkeh yang biasa diekstraks menjadi minyak cengkeh.

1. Mengatasi Jerawat

Dilansir dari laman Organic Facts, salah satu kelebihan dari minyak cengkeh adalah mengandung zat anti mikrobabakteri. Kandungan zat tersebut tentu saja akan sangat bermnafaat untuk pemilik kulit yang rentan berjerawat. Apalagi kulit yang rentan berjerawat akan lebih mudah terinfeksi bakteri atau virus yang dapat memperparah kondisi kulit. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menjaga kebersihan kulit menggunakan minyak cengkeh.

2. Menjadikan Kulit lebih Glowing

Kulit yang bercahaya tidak hanya bisa didapat dengan menggunakan produk perawatan kulit tertentu. Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak cengkeh. Minyak cengkeh mengandung zat eugenol yang menstimulasi proses regenerasi sel-sel kulit baru. Tidak heran jika hal tersebut akan menjadikan kulit wajah tampak lebih bercahaya, radian dan cerah.

3. Mencegah Garis Halus

Manfaat lain dari minyak cengkeh adalah sebagai agen anti penuaan. Hal ini lantaran minyak cengkeh mengandung moisturizer yang akan menjaga kelembapan sel kulit secara optimal. Tidak hanya itu saja, zat eugenol di dalam minyak cengkeh juga dapat memudarkan garis-garis halus secara natural.

Minyak cengkeh biasanya digunakan oleh masyarakat Asia dalam mengatasi sejumlah penyakit. Namun, siapa yang akan menyangka jika minyak yang memiliki aroma khas ini juga dapat menjaga kebersihan kulit dari serangan bakteri mau pun jamur.