Minyak Cengkeh, Obat Alami Sakit Gigi

DokterSehat.Com – Sakit gigi akan membuat siapapun sangat menderita. Bagaimana tidak, rasa nyeri pada gigi bahkan bisa menjalar ke ujung kepala dan mempengaruhi suasana hati seseorang. Sayangnya, mengobati sakit gigi tidak mudah untuk dilakukan dan membutuhkan waktu, apalagi jika sakit gigi ini ternyata disebabkan oleh gigi yang berlubang, gigi yang keropos, atau bahkan gigi yang patah, yang tentu bisa saja muncul sewaktu-waktu. Beruntung kini ditemukan obat alami yang bisa segera meredakan sakit gigi dengan cepat. Obat ini adalah cengkeh. Bagaimana caranya agar cengkeh ini bisa mengatasi sakit gigi yang kita alami?

doktersehat-sakit-gigi-minyak-cengkeh

Pakar kesehatan menyebutkan jika cengkeh yang dikenal luas sebagai rempah-rempah ini ternyata kaya akan zat antioksidan dan beberapa zat yang bisa membuat nyeri akibat sakit gigi segera mereda. Bahkan, kandungan di dalam cengkeh ini diyakini mampu membunuh berbagai kuman dan bakteri yang memicu nyeri pada sakit gigi. Kita sendiri bisa menggunakan minyak cengkeh dan daun cengkeh untuk mengatasi sakit gigi yang sangat menyiksa.

Minyak cengkeh bisa kita pakai satu atau dua tetes saja pada kapas bersih yang kemudian kita gigit pada bagian gigi yang terasa sakit. Diamkan saja kapas tersebut tergigit oleh gigi yang sakit selama beberapa menit dan kemudian kumur-kumurlah dengan air hangat. Jika hal ini dilakukan selama beberapa kali secara bertahap, biasanya nyeri pada sakit gigi akan segera mereda dengan signifikan.

Daun cengkeh juga bisa kita aplikasikan untuk menyembuhkan sakit gigi. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan mempersiapkan 7 hingga 9 lembar daun cengkeh yang kemudian kita seduh dengan setengah gelas air mendidih. Setelah itu, peraslah daun cengkeh tersebut hingga sari daunnya keluar. Sari daun cengkeh inilah yang bisa dioleskan pada gigi yang sakit. Dengan pengolesan sari daun cengkeh secara teratur, rasa nyeri karena sakit gigi pun akan segera sembuh.

Baca Juga:  Kopi Sama Hebatnya dengan Minuman Berenergi

Selain pemakaian daun cengkeh, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi gigi ke dokter untuk memastikan bahwa masalah gigi ini terobati dengan benar dan tidak lagi kambuh. Selain itu, rawatlah kebersihan gigi dengan baik setiap hari agar tidak akan ada lagi masalah sakit gigi yang menyiksa.