Minuman yang Kerap Kita Konsumsi Ini Ternyata Sangat Buruk Bagi Kesehatan Gigi

DokterSehat.Com – Tak hanya makanan, minuman ternyata juga bisa menjadi pemicu masalah kesehatan gigi. Banyak dari minuman yang bisa kita temui, baik itu yang dibuat secara rumahan atau yang sudah dikemas sedemikian rupa, ternyata bisa memicu perkembangbiakan bakteri yang akhirnya merusak kesehatan gigi kita. Apa sajakah minuman-minuman yang paling berpotensi merusak kesehatan gigi sehingga sebaiknya kita hindari saja?

doktersehat-minuman-soda

Minuman bersoda
Berbagai jenis minuman bersoda bisa kita temukan dengan kemasan yang sangat menarik di toko-toko. Banyak orang yang menyukai minuman ini karena terasa segar saat dikonsumsi. Padahal, menurut pakar kesehatan gigi dr. Matthew Nejad dari Helm Nejad Stanley, minuman bersoda adalah minuman yang paling buruk bagi kesehatan gigi. Bagaimana tidak, di dalam satu botol minuman bersoda, kita bisa menemukan kadar gula yang sangat tinggi. Selain itu, soda juga bersifat asam sehingga akan membuat gigi lebih mudah terkikis. Tak hanya minuman bersoda, berbagai minuman kemasan yang terasa manis layaknya minuman berenergi atau sari buah kemasan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Jus buah
Jika jus buah atau sari buah kemasan kaya akan kandungan gula sehingga bisa merusak gigi, apakah jus buah yang dijual di kedai pinggir jalan atau buatan rumahan aman bagi kesehatan gigi kita? Belum tentu. Banyak dari kita yang menambahkan gula pada jus buah sehingga tetap saja membuat minuman ini kurang sehat bagi kesehatan gigi. Banyak pakar kesehatan yang bahkan menyarankan kita untuk berkumur dengan air putih setelah meminumnya agar kandungan gula dan asam dari jus buah tidak terlalu banyak dalam mulut sehingga tidak akan merusak gigi.

Kopi
Minuman yang digemari banyak orang karena bisa menambah konsentrasi dan mood saat bekerja ini ternyata memiliki kemampuan untuk membuat gigi menguning. Tak hanya kopi, teh juga bisa meninggalkan noda pada gigi yang tentu akan berpengaruh pada penampilan kita. Kopi juga ternyata memiliki kandungan asam yang mampu mengikis enamel gigi.