Minuman Yang Dapat Menurunkan Kualitas Sperma

DokterSehat.com – Perkembangan dunia kuliner membuat kita semakin mudah mendapatkan beragam jenis makanan dan minuman. Kita dapat memilih dengan mudah minuman atau makanan sesuai dengan selera dan kebutuhan baik di tempat tempat tradisional seperti warung atau tempat tempat seperti toko konvensional. Begitu banyak ragam dan kemudahan dalam mendapatkan makanan dan minuman itu membuat kita tidak menyadari bahwa terdapat beberapa dari mereka yang ternyata tidak baik dalam tubuh. Berbagai minuman yang mudah ditemui pun ternyata banyak yang berbahaya bagi kesehatan pria, dalam hal ini adalah kesehatan sperma pada tubuh pria. Hal ini tentu saja bisa berakibat langsung pada kehidupan rumah tangga seseorang. Berikut adalah beberapa minuman yang perlu dihindari oleh pria agar kesehatan spermanya tetap terjaga.



Minuman Berarkohol

Sudah banyak sekali peringatan kesehatan bagi para pecinta minuman beralkohol. Namun, dikarenakan mudahnya mendapatkan minuman jenis ini, masih banyak orang yang dengan mudah menikmati minuman beralkohol. Minuman beralkohol dapat menurunkan kualitas sperma secara signifikan. Bahkan minuman ini dapat menyebabkan kelainan pada struktur sperma. Hal ini juga berarti adanya resiko kemandulan pada pria.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda sangat digemari karena memberikan kesegaran yang lebih khususnya pada saat panas. Namun, minuman ini cukup berbahaya bagi pencernaan, ginjal, ataupun diabetes. Namun, banyak yang tidak menyadari adanya potensi minuman ini mempengaruhi tingkat kesuburan pria. Kandungan bisphenol dalam botol plastik atau kaleng soda dapat menurunkan produksi sperma. Sehingga, ada baiknya konsumsi minuman bersoda dikurangi.

Teh Mint

Teh banyak dipercaya baik untuk kesehatan, namun, saat berbentuk teh mint, minuman ini dapat mempengaruhi hormon seksual (androgen) pada pria. Hal ini juga berarti ada pengaruh pada perubahan hormonal dan produksi kadar testosterone pada kesuburan pria.

Baca Juga:  Kelainan Seksual: Premature Ejaculation

Kopi

Kopi, jika dikonsumsi dengan kadar yang normal dapat menjadi minuman yang baik untuk kesehatan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat mengurangi jumlah sperma pada pria. Hali ini dikarenakan zat phytoestrogen dalam kopi memiliki sifat melawan hormon seks pada pria sehat.

Demi keharmonisan hubungan rumah tangga, ada baiknya minuman minuman tersebut mulai dikurangi konsumsinya ataupun dihindari.