5 Pilihan Minuman Super Sehat untuk Lebaran

Minuman-sehat-lebaran-doktersehat-1

DokterSehat.Com– Apa minuman khas lebaran yang menjadi favorit Anda? Tidak hanya makanan, minuman juga tentu menjadi salah satu sajian khas yang saat lebaran ya.

Ada cukup banyak jenis minuman yang kerap hadir saat lebaran, mulai dari es tadisional, minuman bersoda, minuman manis kemasan, es campur dengan tambahan susu kental manis, dan masih banyak lagi.

doktersehat-makanan-minuman-saat-berbuka
Photo Credit: Flickr.com/Shereveport-Bossier Convention and Tourist Bureau’s photostream

Nah, dari berbagai jenis sajian minuman tersebut, kira-kira apa saja sih jenis minuman sehat yang bisa kita pilih saat lebaran?

Pentingnya memilih minuman yang tepat saat lebaran

Minuman menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat lebaran, mengapa?

Minuman merupakan bahan makanan yang konsistensinya cair sehingga mudah dikonsumsi, namun meskipun konsistensinya cair minuman bisa tetap memiliki kandungan zat dan gizi yang cukup padat di dalamnya.

Hal ini yang membuat pemilihan minuman selama lebaran haruslah tepat. Jika kandungan zat dalam minuman yang dipilih saat lebaran tidak tepat maka bisa berisiko untuk kesehatan.

doktersehat-diabetes-gula-penyakit-1024

Diantaranya adalah peningkatan kadar gula darah yang bisa memperbesar risiko diabetes, atau munculnya gangguan pada pencernaan.

Lantas, minuman apa yang baik dipilih saat lebaran?

5 Pilihan minuman super sehat saat lebaran

Minuman super sehat yang baik dipilih saat lebaran adalah minuman yang mampu menghidrasi tubuh dengan baik, padat gizi, memiliki kandungan gula alami serta mampu membantu melancarakan pencernaan. Ini dia lima jenis minuman yang paling baik kita pilih saat lebaran!

1. Air kelapa

Air kelapa cukup populer di bulan Ramadan. Anda juga tetap bisa memanfaatkan kandungan cairan kaya elektrolit yang ada pada air kelapa sebagai pilihan minuman saat lebaran.

Konsumsi air kelapa saat lebaran bisa memberikan manfaat berupa hidrasi bagi tubuh dan keseimbangan elektrolit yang baik bagi tubuh.

doktersehat-kelapa-untuk-puasa
Photo Credit: Flickr.com/John Revo Puno

Usahakan menyajikan air kelapa tanpa tambahan gula atau pemanis buatan. Anda bisa menambahkan satu sendok madu atau perasan jeruk agar air kelapa Anda bisa lebih bercita rasa.

2. Teh tawar, baik teh biasa maupun teh herbal

Minuman yang menjadi favorit banyak orang ini bisa jadi pilihan super saat lebaran. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh bisa memberikan manfaat bagi tubuh saat lebaran berupa melancarkan pencernaan.

doktersehat-teh-cengkeh-untuk-diabetes

Hal ini disebut mampu membantu melunturkan lemak dalam tubuh, utamanya jika Anda mengonsumsi teh jenis teh hijau.

3. Olahan minuman dari buah dan sayur

Jus, smoothies atau sari buah bisa jadi alternatif pilihan minuman yang mampu melancarkan pencernaan, mengontrol kadar gula darah dan membantu membuang lemak dari tubuh melalui pencernaan.

doktersehat-kombinasi-jus-sahur

Anda bisa mengombinasikan jus dan sayur agar asupan serat dan vitamin pada minuman yang Anda buat akan semakin super. Usahakan tidak menambahkan pemanis atau gula ya. Pilih buah yang manis dan pastikan telah matang, Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis atau madi jika ingin menambahkan pemanis pada jus.

4. Air putih

Sederhana, air putih bisa jadi pilihan yang sehat saat lebaran. Selain cepat menghidrasi tubuh air putih juga mampu menekan nafsu makan berlebihan saat lebaran.

doktersehat air putih
Photo credit: Pexels

Jangan lupa meskipun sedang lebaran, kebutuhan minum air putih harian Anda, yaitu 8 gelas per hari harus dipenuhi. Jadi usahakan memilih air putih sebagai bagian dari minuman saat lebaran, ya.

5. Minuman yoghurt atau minuman dengan yoghurt

Minuman dari yoghurt atau jus dengan tambahan yoghurt bisa jadi pilihan yang tepat saat lebaran, mengapa? Yoguhrt telah terbukti memiliki kandungan bakteri baik yang mampu melancarkan pencernaan.

doktersehat-yoghurt-buah-berry-strawberry
Photo Credit: Daniel Lee

Hal ini akan bermanfaat untuk tubuh, terlebih jika kita telah mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi kalori saat lebaran.

Konsumsi minuman dari yoghurt rendah lemak dan yang telah terfortifikasi stanol dan sterol juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah dalam tubuh, lho.