Minuman Soda Cegah Usus Buntu

Doktersehat.com – Belum lama ini sering digembar-gemborkan akibat buruk dari mengonsumsi minuman bersoda. Sebaliknya, penelitian terbaru membuktikan bahwa minuman bersoda mampu mengatasi penyumbatan lambung atau gastric phytobezoar yang lama-kelamaan bisa menyebabkan usus buntu.



Penyumbatan lambung bisa terjadi akibat buah yang tidak dicerna secara baik, seperti kesemek yang bisa meningkatkan risiko penyumbatan.

Biasanya penyakit ini diatasi dengan endoskopi, laser, samapi operasi. Namun, penelitian baru malah menunjukkan bahwa minuman bersoda dapat menyembuhkan gastric phytobezoar hingga 90 persen.

Menurut hasil penelitian, kandungan bahan kimia dalam minuman bersoda dapat bekerja layaknya asam lambung, yakni membantu mencerna serat makanan. Sementara gelembung soda yang terdapat dalam minuman tersebut dapat mempercepat proses pencernaan.

Minuman bersoda memiliki tingkat keasaman 2,6 sesuai dengan skala pH, karena mengandung karbon dan asam fosforik.

Apabila minuman bersoda tidak dapat maksimal menghancurkan penyumbatan secara menyeluruh, tapi setidaknya minuman ini mampu memperkecil penyumbatan tanpa perlu dilakukan tindakan operasi.

Sumber: vemale.com