Selain Air Putih, 3 Jenis Minuman ini juga Bagus Dikonsumsi saat Sahur

doktersehat-minuman-puasa
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Puasa adalah sebuah aktivias yang membatasi jumlah makan dan minum mulai dari terbit matahari hingga terbenamnya fajar. Sehingga saat berpuasa, asupan tubuh akan merasa lemas akibat kekurangan makanan dan cairan yang mengakibatkan terjadinya rasa lapar dan haus.

Tidak hanya itu saja, risiko tubuh mengalami dehidrasi juga akan semakin besar. Akibatnya, tubuh akan mudah lelah dan terasa lemas. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi air putih, terutama pada saat sahur.

Seperti yang Anda ketahui bahwa air putih sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Selain air putih, ternyata ada 3 jenis minuman yang disarankan untuk dikonsumsi pada saat sahur agar cairan tubuh terpernuhi. Ketiga minuman tersebut antara lain sebegai berikut.

1. Air Kelapa tanpa Gula

Air kelapa memang memiliki segudang manfaat. Minuman ini sering digunakan sebagai campuran dari ramuan herbal untuk menyembuhkan suatu penyakit, bahkan bisa mengobati seseorang yang sedang mengalami keracunan. Tidak hanya itu saja, ternyata air kelapa sangat bagus dikonsumsi pada saat sahur, namun Anda harus ingat bahwa air kelapa yang bagus dikonsumsi tersebut tanpa campuran gula atau pemanis lainnya. Hal tersebut dikarenakan agar terhindar dari penumpukan gula pada tubuh yang akan menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Air kelapa ini bermanfaat untuk membantu gangguan pencernaan seperti sakit maag yang mungkin akan terjadi saat Anda berpuasa.

2. Susu Rendah Lemak

Tidak hanya baik dikonsumsi pada saat sedang dalam proses penurunan berat badan saja, susu rendah lemak ternyata sangat bagus jika dikonsumsi pada saat Anda sedang sahur. Selain untuk menghindari tubuh dari masalah dehidrasi, susu rendah lemak juga bermanfaat untuk membantu tubuh agar tetap fit selama berpuasa. Namun, perlu diperhatikan bahwa susu yang Anda konsumsi harus memiliki kandungan gula yang rendah.

3. Teh Hijau

Jika selama berpuasa Anda mengalami masalah seperti bau mulut yang kurang sedap, maka masalah tersebut bisa Anda atasi dengan mengonsumsi teh hijau pada saat sahur. Teh hijau membantu Anda untuk menghilangkan bau mulut dan menjadikannya lebih segar. Di samping itu, teh hijau juga bisa menjaga berat badan Anda agar tidak mengalami kenaikan selama berpuasa.