4 Jenis Minuman yang Wajib Dikonsumsi Pasca Melahirkan

doktersehat puasa setelah melahirkan

DokterSehat.Com– Setelah melahirkan, biasanya seorang wanita diharuskan untuk istirahat total dari aktivitas serta rutinitas sehari-hari. Pasalnya, melahirkan adalah sebuah perjuangan yang menguras banyak energi, bahkan nyawa pun menjadi taruhannya.

Tak heran, setiap wanita yang baru saja melahirkan sangat dianjurkan agar lebih banyak tidur dan mengonsumsi makanan sehat dalam beberapa waktu. Selain mengonsumsi makanan sehat, ada juga cara mudah dan efektif dalam mengembalikan energi wanita pasca melahirkan.

Cara itu adalah mencukupi asupan nutrisi dengan beberapa jenis minuman sehat pasca melahirkan ini:

1. Jus Bayam

Jus bayam memang sangat segar dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Bagi Anda yang baru saja melahirkan, alangkah baiknya untuk rutin mengonsumsi jus bayam. Kandungan zat besi dan nutrisi makro lainnya yang dimiliki jus bayam dipercaya bisa melawan rasa lelah dan lemas akibat kehabisan energi pasca melahirkan.

baca juga: makanan yang tepat untuk para ibu pasca melahirkan

2. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini memiliki kandungan yang sifatnya anti bakteri dan anti mikroba yang bisa mempercepat proses penyembuhan pasca melahirkan. Khasiatnya telah terbukti, sampai-sampai minuman kunyit sangat dianjurkan bagi yang melahirkan dengan cara Caesar. Cara untuk mengurangi rasa dan aromanya, Anda bisa menambahkan susu murni ke dalam air kunyit tersebut.

3. Rebusan Adas

Adas dikenal sebagai tanaman obat yang minyaknya digunakan sebagai salah satu komponen minyak telon. Tanaman yang satu ini memang tidak familiar sebab tergolong langka dan sulit ditemukan.

Khusus bagi Anda yang baru saja melahirkan, rebusan adas sangat efektif dan telah terbukti bisa mempercepat proses penyembuhan serta memberi tambahan energi. Minuman sehat pasca melahirkan yang satu ini pun tentunya perlu dimasukkan ke dalam daftar yang wajib dikonsumsi.

baca juga: makanan yang bisa bantu proses pemulihan setelah melahirkan

4. Susu Hangat

Minuman sehat pasca melahirkan yang satu ini sudah sering dikonsumsi oleh kebanyakan wanita hamil. Sayangnya, tidak sedikit pula yang salah, sebab mengonsumsi susu yang telah dingin. Pasalnya, susu yang baik dalam memenuhi kebutuhan ASI adalah susu yang hangat, maka dari itu segera habiskan susu tersebut dan jangan sampai menunggunya dingin.