Minyak Ikan dan Probiotik Efektif Cegah Alergi pada Anak

DokterSehat.Com– Banyak ibu yang khawatir anaknya akan mengalami alergi saat dewasa nanti. Menurut sebuah penelitian di Inggris, ibu hamil yang mengonsumsi minyak ikan dan minuman probiotik dapat menurunkan peluang anak mengalami alergi.

doktersehat-minyak-ikan-sehat-nutrisi-vitamin-fish-cod

Penyebab alergi pada anak

Alergi pada anak disebabkan oleh reaksi berlebihan dari daya tahan tubuh yang dicetuskan oleh alergen. Orang tua yang memiliki alergi dapat meningkatkan kemungkinan alergi pada anak meskipun belum tentu penyebab alerginya sama. Jika orang tua mengalami alergi maka kemungkinan anak akan mengalami alergi hingga 80 persen.

Minyak ikan dan probiotik kurangi risiko alergi

Dilansir dari laman nhs, penelitian terkini di Inggris menyebutkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi minuman probiotik dapat mengurangi peluang anak untuk mengalami eksem sebesar 22%. Namun masih belum jelas apakah kondisi ini disebabkan oleh ibu hamil yang mengonsumsi suplemen selama kehamilan atau menyusui, atau dari bayi yang menggunakan formula tambahan.

Demikian juga dengan mengonsumsi minyak ikan selama hamil. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa ibu hamil yang minum minyak ikan selama hamil dan menyusui dapat mengurangi anak alergi telur. Minum minyak ikan diduga dapat mengurangi kemungkinan anak untuk alergi kacang, namun belum ada bukti yang cukup kuat untuk mendukung teori tersebut.

Minyak ikan merupakan suplemen yang aman bagi ibu hamil. Namun sebaiknya ibu hamil menghindari minum suplemen yang terbuat dari hati ikan seperti minyak ikan kod. Minyak ikan kod umumnya mengandung retinol dalam kadar tinggi dan justru berbahaya bagi bayi.

Sedangkan bagi minuman probiotik, hingga saat ini belum ditemukan risiko berbahaya dari minuman ini. Namun dalam penelitian ini tidak disebutkan dengan spesifik jenis probiotik apa yang dikonsumsi selama penelitian ini, serta jumlah dosis yang dikonsumsi.

Baca Juga:  Manfaat Renang Untuk Bayi

Nah, bagaimana tanggapan Bunda mengenai penelitian ini, tertarik untuk mencobanya?