Minuman Manis Ternyata Menyebabkan Menarche Datang Lebih Awal

DokterSehat.ComMenarche merupakan istilah dalam dunia kedokteran yang artinya saat dimana haid/menstruasi datang pertama kalinya pada seorang wanita yang sedang menginjak remaja. Menarche merupakan tanda seorang wanita masuk dalam masa pubertas. Usia remaja putri pada waktu mengalami menarche berbeda-beda dan bervariasi satu sama lain dan umumnya terjadi pada rentang usia 10-15 tahun. Namun, ada pula beberapa wanita yang mengalami menarche lebih cepat dari rentang usia tersebut. Berbagai faktor diduga mempengaruhi usia awal datangnya menarche pada perempuan.

doktersehat-sakit-perut-mulas-Infeksi-Saluran-Kemih -isk

Sebuah penelitian, seperti yang dikutip dari mims.com menyebutkan bahwa anak perempuan yang minum minuman dengan kandungan gula lebih dari 1,5 dalam takaran penyajian setiap hari cenderung mengalami menstruasi pertamanya beberapa bulan kemudian, dibandingkan dengan anak-anak perempuan yang minum minuman dengan kandungan gula lebih rendah dalam setiap minggunya. Efek dari konsumsi minuman manis tersebut terhadap datangnya menarche lebih awal ternyata signifikan bahkan setelah mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan menarche terjadi lebih awal seperti BMI (Body Mass Index), berat badan lahir, ras/etnis, tinggi badan, total makanan yang dikonsumsi dan aktivitas fisik.

Penjelasan untuk penyebab mengapa menarche datang lebih awal adalah karena minuman manis yang mengandung gula memiliki indeks glikemik yang tinggi dibandingkan yang lain. Indeks glikemik yang tinggi menyebabkan terjadinya lonjakan cepat dari konsentrasi insulin tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan konsentrasi hormon seks.Hasil penelitian ini sangat penting karena fenomena saat ini dimana anak-anak sudah mulai banyak yang obesitas terutama di negara maju dan juga karena menarche yang lebih awal dari rentang usia normal memiliki risiko yang lebih tinggi menderita kanker payudara di kemudian hari.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Tumor Jinak Pada Tubuh

Peran orangtua disini penting untuk mengurangi faktor risiko agar menarche tidak terjadi di usia yang terlalu awal dari rentang usia normal. Pembatasan minuman manis, menjaga agar anak tidak obesitas, memperhatikan aktivitas fisik anak merupakan langkah yang dapat ditempuh orangtua pada anak perempuannya sejak usia dini.