Minuman Jus Alami Yang Sangat Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

DokterSehat.Com – Setelah kita melakukan aktifitas fisik, kita tentu akan merasa haus dan membutuhkan asupan cairan yang cukup banyak. Air putih tentu akan menjadi pilihan utama untuk dikonsumsi meskipun kini banyak orang yang justru memilih minuman berenergi yang dianggap mampu mengembalikan energi atau cairan tubuh dengan lebih cepat. Padahal, ada banyak minuman berenergi yang akan kurang baik untuk dikonsumsi karena mengandung banyak gula. Apa sajakah sebenarnya minuman yang paling baik dikonsumi setelah berolahraga?

doktersehat-sayur-sehat

Minuman sangatlah dibutuhkan untuk menghindari tubuh kita terkena dehidrasi setelah berolahraga. Air putih jelas menjadi pilihan pertama yang bisa membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan membuat sintetis protein pada otot menjadi lebih baik. Hanya saja, beberapa minuman lain yang merupakan jus juga dapat menjadi pilihan yang baik. Salah satunya adalah jus tomat. Jus tomat sendiri alah minuman yang kaya akan antioksidan alami yang disebut sebagai likopen. Likopen sendiri akan sangat baik dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dan juga jantung. Jus tomat juga diyakini mampu membuat kerusakan otot yang terjadi setelah latihan fisik menjadi lebih berkurang. Satu hal yang pasti, jangan meminum jus tomat yang terlalu kental setelah berolahraga.

Selain jus tomat, kerusakan otot setelah berolahraga juga bisa diatasi jika kita meminum jus cherry. Fakta ini dikemukakan oleh British Journal of Sports Medicine. Hanya saja, pastikan jika jus cherry yang kita minum bukanlah jus cherry kemasan yang kaya akan kandungan gula tambahan. Jika mungkin, buatlah jus cherry buatan anda sendiri yang tentu akan lebih sehat dan lebih aman untuk dikonsumsi.

Jus semangka juga diyakini mampu membuat sakit pada otot setelah berolahraga mereda. Fakta ini diungkapkan oleh Journal of Agricurtural and Food Chemistry. Kandungan L-citrulline pada semangka akan membuat detak jantung menjadi lebih normal dan nyeri otot mereda. Sebagaimana jus cherry, ada baiknya kita tidak mengkonsumsu jus semangka kemasan yang banyak mengandung gula tambahan dan hanya memiliki sari semangka yang sangat minimal. Buatlah jus semangka sendiri dengan blender untuk mendapatkan khasiat terbaik dari jus ini.