Minuman Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Sebelum Berolahraga

DokterSehat.Com – Sebelum melakukan olahraga, kita sebaiknya mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagai contoh, kita bisa mempersiapkan beberapa peralatan olahraga layaknya sepatu yang nyaman atau melakukan pemanasan. Selain itu, ada baiknya kita juga mengkonsumsi minuman yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi saat olahraga. Pakar kesehatan sendiri sangat menyarankan kita mengkonsumsi air putih sekitar 0,6 liter air pada waktu dua jam sebelum berolahraga dan menghindari konsumsi beberapa jenis minuman berikut.

doktersehat-wanita-olahraga-exercise-lari-sehat-minum-air-putih

Minuman olahraga

Minuman olahraga atau sport drink memang terkesan akan sangat baik bagi aktifitas fisik dan memberikan energi tambahan yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan jika minuman ini tidak memberikan manfaat apa-apa bagi kesehatan. Minuman olahraga yang kaya akan kandungan gula dan elektrolit ini justru akan membuat kita lebih mudah mengalami dehidrasi jika diminum sebelum berolahraga.

Minuman berenergi plus susu

Banyak iklan yang menyebutkan jika minuman berenergi yang mengandung susu akan memberikan kita energi lebih baik saat berolahraga. Padahal, minuman ini hanya akan membuat penumpukan lemak, karbohidrat, dan juga protein pada tubuh yang sulit untuk dicerna sehingga akan membuat tubuh tidak nyaman saat berolahraga.

Minuman kemasan rasa buah-buahan

Minuman kemasan, layaknya jus dengan rasa buah-buahan, biasanya memiliki kadar gula atau pemanis buatan yang cukup tinggi sehingga jika diminum akan menambah kalori di dalam tubuh. Alhasil, jika meminumnya sebelum berolahraga, kita bisa membuat hasil olahraga menjadi kurang maksimal.

Minuman bersoda

Minuman bersoda jika diminum sebelum berolahraga akan memicu produksi gas berlebihan dalam perut yang membuat perut kembung dan sakit perut. Banyaknya kandungan sodium pada minuman ini juga akan membuat tubuh lebih mudah mengalami dehidrasi. Minuman soda diet juga akan memberikan dampak yang sama saja.

Baca Juga:  Makanan Pemicu Maag

Minuman beralkohol

Andai meminumnya sebelum berolahraga, tubuh akan mengalami dehidrasi yang cukup parah dan bahkan memicu peradangan. Minuman beralkohol sama sekali tidak direkomendasikan untuk diminum sebelum berolahraga.