Minuman Ini Sangat Direkomendasikan Bagi Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Demi menjaga kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan, ibu hamil sebaiknya selalu menjaga asupan makanan yang bergizi, memperhatikan aktifitas fisiknya, dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap hari. Selain itu, pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi minuman-minuman berikut ini.

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan

Air putih
Pakar kesehatan dari Missouri State University menyebutkan bahwa minuman yang paling baik bagi ibu hamil tentu saja adalah air putih. Dengan memenuhi asupan air putih, ibu hamil bisa akan mencegah datangnya dehidrasi dan menjaga kadar air ketuban yang melindungi janin di dalam rahim. Ibu hamil disarankan mengkonsumsi air putih ini setidaknya 8 gelas dalam sehari.

Air kelapa muda
Banyak ibu hamil yang percaya jika konsumsi air kelapa muda bisa membantu pertumbuhan rambut janin agar menjadi lebih lebat. Namun, sebenarnya, dibalik mitos ini, air kelapa muda memang sangat kaya akan berbagai nutrisi dan elektrolit yang sangat baik bagi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Jus jeruk
Tahukah anda jika ibu hamil membutuhkan kadar vitamin C 2 kali lipat jika dibandingkan dengan orang biasa. Dengan mengkonsumsi jus jeruk, maka kebutuhan vitamin C ibu hamil dan janin bisa terpenuhi. Hal ini akan membuat daya tahan tubuh ibu hamil meningkat sekaligus mengatasi masalah kehamilan seperti penurunan nafsu makan dan morning sickness.

Susu dan yoghurt
Mengkonsumsi susu dan yoghurt akan membuat ibu mendapatkan kandungan protein, kalsium, dan lemak sehat. Adanya kandungan kalsium akan membuat ibu mempertahankan kepadatan tulangnya sekaligus mendukung pertumbuhan tulang janinnya.

Wedang jahe
Wedang jahe yang hangat dan memiliki aroma yang segar mampu membantu menurunkan masalah morning sickness dan mual-mual di pagi hari. Selain itu, wedang jahe juga mampu membuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil menjadi lebih kuat.