Minuman Energi Bukan Solusi Untuk Mengatasi Rasa Lelah

DokterSehat.Com– Karena berbagai kesibukan, tubuh akan terasa sangat lelah dan meminta untuk diistirahatkan. Sayangnya, karena masih ada beberapa hal yang perlu dilakukan, sebagian orang memilih untuk mengkonsumsi minuman berenergi. Logikanya, minuman ini bisa mengatasi rasa lelah pada tubuh dengan cepat sehingga badan akan terasa lebih enakan dan bisa digunakan untuk melakukan beberapa hal lain. Namun, menurut pakar kesehatan, minuman energi sebenarnya tidak benar-benar efektif mengatasi rasa lelah pada tubuh.

doktersehat-minuman-soda-kaleng

Pakar kesehatan dan nutrisi dr. Jansen Ongko, MSc, RD, menyebutkan bahwa minuman berenergi sebenarnya belum mampu mengatasi tubuh yang terasa lelah yang disebabkan oleh aktifitas atau melakukan olahraga. Minuman ini memang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan berbagai bahan lainnya yang bisa berfungsi sebagai stimulan dan membuat tubuh kita seakan-akan menjadi lebih segar atau lebih berenergi. Padahal, tubuh sebenarnya tidak bisa benar-benar mendapatkan kembali energi dengan cepat setelah mengkonsumsinya.

Karena mendapatkan stimulan dari minuman ini, kita memang bisa merasa lebih segar. Sayangnya, jika kita kemudian beraktifitas kembali, tubuh yang sebenarnya sedang sangat membutuhkan waktu istirahat dipaksakan untuk bekerja dan hal in bisa berimbas buruk bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Pakar kesehatan dari University of Georgia menyebutkan bahwa konsumsi minuman berenergi atau minuman lainnya seperti kopi sangat tidak disarankan saat tubuh sedang dalam kondisi lelah. Partick O’Connor, salah seorang peneliti dari universitas tersebut, menyebutkan bahwa alih-alih mengkonsumsi minuman berenergi, Ia lebih menyarankan untuk melakukan olahraga naik turun tangga selama 10 menit jika ingin membuat tubuh bugar dan berenergi kembali. Rekomendasi ini didapatkan setelah meminta 18 orang mengkonsumsi kapsul berisi kafein atau plasebo pada dua hari secara terpisah dan di hari lainnya mereka diminta untuk melakukan olahraga naik turun tangga selama 10 menit. Hasilnya adalah, naik turun tangga lebih baik dalam membuat tubuh bugar kembali jika dibandingkan dengan setelah mengkonsumsi kafein.