Minum Teh Ternyata Bisa Mencegah Kerusakan Gigi

DokterSehat.Com – Untuk menjaga kesehatan gigi, kita tentu harus rajin-rajin menyikat gigi setidaknya sebelum tidur dan setelah makan. Dengan menjaga kebersihan gigi, gigi pun terbebas dari sisa-sisa makanan yang bisa menyebabkan karang atau plak gigi yang sangat merusak. Selain pembersihan gigi dengan cara menyikatnya, ada banyak cara lain untuk membut gigi kita sehat, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi teh setiap hari.

shutterstock_299887493 copy

Teh yang dianggap sangat baik untuk mencegah kerusakan gigi adalah teh hitam. Fakta ini didapatkan setelah peneliti menemukan bahwa teh hitam ternyata bisa menjadi lawan sepadan bakteri streptococcus dan lactobacillus yang memiliki peran besar kerusakan gigi, pembusukan gigi, hingga penyakit pada gusi. Teh hitam juga bisa mengatasi masalah pengeroposan atau pembusukan gigi meskipun di dalam teh hitam memiliki kandungan gula.

Dalam penelitian ini, pakar kesehatan berpendapat bahwa 3-4 cangkir teh hitam dapat dikonsumsi setiap hari untuk mendapatkan pencegahan masalah gigi secara maksimal. 3-4 cangkir teh hitam dalam sehari akan cukup efektif untuk membuat bakteri penyebab masalah gigi mengalami penurunan jumlah secara signifikan. Berkurangnya jumlah bakteri juga berarti mulut akan memiliki bau yang lebih baik mengingat teh ini juga mampu menetralisir kandungan sulfur pada rongga mulut.

Bagaimana teh hitam bisa melawan bakteri yang bisa merusak gigi? Teh hitam ternyata memiliki kandungan yang mampu mengurangi peradangan pada gigi dan juga mencegah plak yang melekat. Kandungan antioksidan layaknya flavonoid dan atechin inilah yang sangat kuat melawan bakteri karena bersifa anti mikroba. Dengan semakin berkurangnya jumlah bakteri, maka asam yang diproduksi bakteri yang biasanya bisa membuat enamel gigi terlarut dan rusak pun semakin jauh menurun.

Baca Juga:  Jika Anak Mulai Mengenal Masturbasi

Pakar kesehatan berpesan jika 3-4 cangkir teh sehari adalah jumlah yang paling ideal dan sebaiknya kita tidak mengkonsumsi teh lebih dari jumlah tersebut. Selain itu, konsumsilah teh seduh yang jauh lebih baik kualitasnya dan menghindari teh kemasan atu teh botolan yang tentu sudah sangat jauh berkurang kandungan antioksidannya.