Minum Susu Setelah Makan Ikan Menyebabkan Keracunan?

omega-3-doktersehat

DokterSehat.Com– Ada sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat yakni ada baiknya tidak minum susu setelah makan ikan karena bisa memicu keracunan atau menyebabkan masalah kesehatan kulit layaknya ruam kemerahan atau gatal-gatal. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan menyebut susu dan ikan sebagai sumber protein yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi protein, maka tubuh akan mendapatkan sumber energi untuk membentuk jaringan dan sel-sel tubuh yang baru. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa minum susu setelah makan ikan memang bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Pakar kesehatan justru menyarankan kita untuk tetap mengkonsumsi keduanya karena bisa membuat tubuh mendapatkan asupan protein, vitamin, dan mineral yang cukup. Hal ini berarti, mitos ini sebaiknya tidak kita percaya.

Hanya saja, jika kita memang memiliki alergi pada salah satu dari susu atau ikan, ada baiknya memang kita tidak mengkonsumsi makanan yang bisa memicu alergi tersebut dengan sembarangan. Sebagai contoh, jika setelah makan ikan kita mengalami gatal-gatal, ada baiknya kita menghindari makanan tersebut agar tubuh tidak mengalami reaksi alergi tersebut. Selain itu, jika kita mengalami intoleransi laktosa, berhati-hatilah saat minum susu dan produk turunannya karena bisa membuat perut terasa tidak nyaman.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi ikan yang sudah benar-benar dimasak dengan baik, bukannya yang dimasak setengah matang karena dikhawatirkan masih ada bakteri atau kuman penyebab penyakit yang masih hidup. Selain itu, ada baiknya memang kita tidak mengkonsumsi susu setelah makan besar karena bisa membuat perut terasa terlalu kenyang dan tidak nyaman. Minumlah susu sebelum makan atau beberapa jam setelah kita makan sehingga tidak akan membuat perut terasa terlalu penuh.