Minum Softdrink Bisa Mempercepat Siklus Menstruasi Pertama

DokterSehat.Com – Pertama kali seorang wanita mendapatkan siklus menstruasi rata-rata antara 9-14 tahun. Menstruasi bisa lebih cepat datang ketika seorang wanita tidak menjaga kesehatan reproduksinya. Salah satunya adalah remaja putri sering meminum soda atau minuman bersoda. Kenapa?
Seperti dikutip dari vemale. bahwa minuman bersoda itu bisa menyebabkan menstruasi pertama datang lebih awal. Dan yang menjadi permasalahan sangat penting adalah dapat memberikan risiko lebih besar terhadap pengembangan sel kanker payudara di kemudian hari.

5042183570_d979b072c6_b

Hal ini bukanlah omong kosong saja, karena para ahli telah melakukan penelitian yang mengungkapkan bahwa bagi wanita atau gadis remaja yang sering minum minuman ringan akan lebih cepat mendapatkan mentruasi pertama. Penelitian ini dilakukan oleh Harvard Medical School yang menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari satu setengah minuman ringan dan manis dalam sehari, maka mereka akan mengalami menstruasi pertama 2.7 bulan sebelum mereka minum softdrink itu kurang lebih dua kali seminggu.

Bahkan peneliti lain yang berasal dari Universitas Cambridge bernama Dr Ken Ong mengungkapkan bahwa seorang wanita yang mengalami menstruasi pertama setahun lebih awal maka akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara di kemudian hari sebanyak 5%. Penelitian ini dilakukan pada gadis remaja rentan umur 9-14 tahun.

Melihat risiko dari minuman softdrink atau bersoda, sebaiknya ladies lebih berhati-hati dan mengubah kebiasaan minuman bersoda menjadi jus buah karena ini lebih menyehatkan.

BACA JUGA : Cara Alami Menurunkan Kolesterol