Minum Soda Susu Bisa Membuat Paru-Paru Menjadi Lebih Bersih?

DokterSehat.Com– Ada sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat di Indonesia, yakni untuk membersihkan paru-paru yang telah terkena paparan polusi udara, kita hanya perlu mengkonsumsi soda susu. Minuman ini banyak disediakan di warung-warung dan terbuat dari kombinasi soda, susu, dan sirup. Sebenarnya, apakah minuman yang terasa manis ini memang bisa memberikan manfaat tersebut?

Photo Source: Jambur.com

Tak hanya dipercaya oleh masyarakat biasa, mereka yang merokok bahkan meyakini jika dengan rutin minum soda susu, maka paru-paru mereka akan berada dalam kondisi sehat sehingga tidak perlu khawatir dengan dampak buruk dari kebiasaan merokok. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, mitos ini tidak benar adanya. Tidak ada kaitan sama sekali antara minuman soda susu dengan organ paru-paru, apalagi bisa membersihkan organ pernafasan tersebut.

Mitos ini muncul karena ada desas-desus bahwa soda susu bisa berfungsi layaknya deterjen yang memberikan efek membersihkan. Padahal dalam realitanya, mengkonsumsi soda susu justru bisa membuat tekstur lendir menjadi lebih tebal sehingga membuat tubuh terasa nyaman. Tak hanya itu, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ada minuman yang bisa membantu membersihkan paru-paru dengan efektif.

Melihat adanya fakta ini, para perokok sebaiknya tidak mempercayai mitos bahwa minum soda susu bisa membersihkan organ paru-parunya. Jika mereka tidak berhenti melakukan kebiasaan ini, maka tetap saja racun seperti nikotin atau tar akan terus menumpuk di dalam paru-paru dan membuat kita lebih berisiko terkena masalah kesehatan yang berbahaya.

Kerap minum soda susu yang kaya akan sirup yang manis juga membuat kita lebih berisiko meningkatkan berat badan. Hal ini berarti, mitos tentang manfaat soda susu ini bisa dipastikan tidak benar adanya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik