Minum Obat Sebaiknya Dengan Air Hangat atau Air Dingin?

DokterSehat.Com– Pernahkah anda berpikir tentang seperti apa kondisi air terbaik untuk minum obat? Tak hanya tentang memilih air putih, air teh, atau jenis air lainnya, ada baiknya kita juga memperhatikan suhu air yang kita konsumsi karena akan mempengaruhi kinerja obat dalam menyembuhkan penyakit. Berikut adalah penjelasannya.

doktersehat-vitamin-nutrisi-komponen-organik-obat-ibu-hamil-kehamilan

Pakar kesehatan lebih merekomendasikan kita untuk menggunakan air putih saat ingin minum obat. Hal ini disebabkan oleh sifat air putih yang netral dan tidak memiliki kandungan zat lain yang bisa mempengaruhi kinerja obat. Hanya saja, pakar kesehatan Dr. Rajni Pathak yang berasal dari Rumah Sakit Fortis Mohali menyarankan kita untuk menggunakan air dengan suhu yang cenderung hangat karena bisa membantu tubuh dalam menyerap obat dengan lebih baik. Sebagai contoh, jika kita sedang terkena batuk atau infeksi tenggorokan, ada baiknya mengkonsumsi obat dengan air hangat agar tenggorokan menjadi lebih tenang sekaligus mempercepat pelarutan obat.

Hanya saja, ada beberapa aturan menggunakan air dengan suhu tertentu saat minum obat seperti sebagai berikut.

Minum pil atau tablet
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk meminum beberapa teguk air sebelum minum pil agar tenggorokan lebih basah dan obat pun bisa ditelan dengan lebih mudah.

Minum kapsul
Obat dengan jenis kapsul ternyata tidak disarankan untuk diminum dengan air panas. Air panas ini dikhawatirkan akan membuat kapsul meleleh pada mulut. Ada baiknya kita meminum obat jenis ini dengan air bersuhu ruangan saja.

Minum obat parasetamol
Obat untuk mengatasi panas atau demam tinggi ini sebaiknya dikonsumsi dengan air hangat agar lebih cepat larut dan meredakan demam dengan lebih efektif.

Jadi, sudah tahu kan aturan suhu air yang kita konsumsi saat minum obat?