Minum Kopi Ternyata Bisa Mencegah Masalah Batu Ginjal

DokterSehat.Com – Penyakit batu ginjal adalah salah satu penyakit yang bisa memberikan rasa sakit luar biasa, khususnya saat buang air kecil. Biasanya, rasa nyeri ini akan terasa pada sisi tubuh atau sekitar punggung, bawah pinggul, atau bahkan perut bagian bawah. Jika masalah ini dibiarkan saja, maka rasa nyeri ini bisa menjadi lebih parah. Kita pun harus lebih baik dalam mencegah terjadinya batu ginjal sehingga tidak akan terkena rasa nyeri yang mengerikan ini. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk mencegah batu ginjal?

doktersehat-batu-ginjal-kanker

Memenuhi Asupan Air Minum
Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk mencegah munculnya batu ginjal jelas dengan cara memenuhi asupan air putih setiap hari setidaknya enam hingga delapan gelas setiap harinya. Jika kita kekurangan asupan air minum, maka urin akan menjadi terlalu pekat dan kaya akan berbagai macam mineral yang bisa saja mengkristal menjadi batu ginjal.

Mengurangi Minuman Bersoda
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brigham and Women’s Hospital menyebutkan jika mereka yang suka mengkonsumsi minuman bersoda setiap harinya akan meningkatkan resiko terkena batu ginjal hingga 23 persen. Kandungan fruktosa yang tinggi pada minuman ini bisa membuat peningkatan kadar kalsium, oksalat, dan juga ekskresi asam urat yang bisa mengkristal menjadi batu ginjal.

Mengkonsumsi Kopi di Pagi Hari
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Clinical of American Society of Neprhology menyebutkan jika mereka yang rutin mengkonsumsi kopi berkafein di pagi hari akan menurunkan resiko terkena batu ginjal hingga 26 persen. Sementara itu, pecinta teh akan mendapati resiko terkena batu ginjalnya menurun hingga 11 persen. Jadi, tak ada salahnya menikmati kopi atau teh di pagi hari agar tidak terkena batu ginjal, bukan?

Baca Juga:  Rematik Ternyata Juga Bisa Menyerang Anak-Anak

Rutin Berolahraga
Pakar kesehatan menyebutkan jika kita rutin berolahraga, maka resiko terkena batu ginjal bisa menurun hingga 33 persen. Lakukan olahraga jogging setidaknya satu jam dalam seminggu atau berjalan kaki setidaknya tiga jam dalam seminggu sehingga tubuh akan lebih baik mengatasi mineral yang bisa saja berkembang menjadi batu ginjal nantinya.