Minum Kopi Meminimalkan Resiko Kanker Prostat

DokterSehat.com – Minum kopi secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat menurut sebuah penelitian. Hasil studi yang dipresentasikan minggu ini di sebuah konferensi American Association for Cancer Research di Houston, menunjukkan bahwa orang yang minum kopi sebagian besar atau sekitar 60% lebih rendah untuk mengembangkan kanker prostat dari pada yang bukan peminum kopi. Para peneliti mengatakan bahwa ini terlalu dini untuk mulai merekomendasikan bahwa laki-laki harus mulai minum kopi untuk membantu mencegah kanker prostat, tetapi hasil ini sungguh sangat memberikan harapan bagi kaum laki-laki.

doktersehat-kopi-demensia

“Faktor gaya hidup sangat sedikit berkaitan dengan risiko kanker prostat, terutama dengan risiko penyakit agresif, sehingga akan sangat menarik jika asosiasi ini dikonfirmasi dalam studi lain,” kata peneliti Kathryn M. Wilson, PhD, di Channing Laboratorium, Harvard Medical School dan Harvard School of Public Health, dalam rilis suatu berita. “Hasil penelitian yang kami lakukan menunjukkan bahwa tidak ada alasan untuk berhenti minum kopi, apabila dihubungkan dengan kekhawatiran tentang kanker prostat.”

Peneliti mengatakan bahwa ini adalah studi pertama dari jenisnya untuk melihat prospektif baik risiko kanker prostat secara keseluruhan dan risiko kanker prostat lokal dan lanjutan.

Dalam studi tersebut, peneliti menganalisis informasi dari Health Professionals’ Follow-Up Study, yang meliputi data tentang kebiasaan minum kopi sekitar 50.000 orang pada tahun 1986-2006. Selama periode waktu itu, sebanyak 4.975 dari mereka menderita kanker prostat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang paling sering minum kopi (enam cangkir atau lebih per hari) memiliki 59% lebih rendah risiko kanker prostat agresif (penyakit fatal atau lanjutan) dibandingkan dengan yang bukan peminum kopi.

Namun para peneliti mengatakan bahwa bukan hanya kafein yang bertanggung jawab atas manfaat pencegahan kanker prostat. Penelitian menunjukkan orang-orang yang minum kopi tanpa kafein juga mengalami penurunan serupa untuk risiko kanker prostat agresif.

Baca Juga:  Minum Kopi saat Pagi, Apakah Termasuk Sarapan?

Para peneliti mengatakan bahwa kopi juga mengandung banyak senyawa lain yang berpotensi menguntungkan seperti antioksidan dan mineral yang mungkin saja memainkan peran dalam mencegah terjadinya kanker prostat, dan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi hasil ini.

Kopi memiliki efek pada insulin dan metabolisme glukosa serta tingkat hormon seks, yang kesemuanya ini memainkan peran dalam terjadinya kanker prostat.