Minum Kopi Bisa Mencegah Kanker Hati

DokterSehat.Com– Karena rasanya yang nikmat dan mantap, cukup banyak orang yang ketagihan minum kopi. Sayangnya mengkonsumsi kopi secara berlebihan disebut-sebut bisa memberikan banyak kerugian bagi kesehatan. Namun, sebuah penelitian terbaru justru menunjukkan fakta bahwa konsumsi kopi ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan berupa mencegah kanker hati. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-kopi-coffee-lambung-perih-asam-kafein-perawatan-kulit-payudara-mengecil

Adalah para peneliti yang berasal dari University of Southampton, Inggris dan University of Edinburgh, Skotlandia yang menemukan khasiat kopi ini. Para peneliti ini menganalisa data dari 26 riset yang melibatkan setidaknya 2,25 juta partisipan dan menemukan fakta bahwa dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi kopi, mereka yang suka minum kopi secangkir sehari akan menurunkan resiko terkena kanker hati atau hepatocellular cancer hingga 20 persen lebih rendah. Bagi mereka yang suka mengkonsumsi kopi hingga 2 cangkir sehari, maka resiko ini bisa lebih rendah 35 persen. Bahkan, andai kita minum 5 cangkir kopi setiap hari, resiko terkena kanker ini bisa menurun hingga 50 persen. Fakta ini bahkan berlaku bagi mereka yang suka menikmati kopi tanpa kafein meskipun memang khasiatnya tidak akan sebaik kopi dengan kafein.

Ketua penelitian, dr Oliver Kennedy, menyebutkan bahwa meskipun konsumsi kopi dalam jumlah banyak bisa mencegah kanker hati dengan lebih baik, ada baiknya kita tidak mengkonsumsinya berlebihan juga bisa memberikan banyak dampak negatif bagi kesehatan.

Pakar kesehatan lainnya yang juga terlibat dalam penelitian ini, Profesor Peter Hayes, menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi kopi secara rutin, maka kita bisa menurunkan resiko kanker hati atau sirosis hati. Hanya saja, ada baiknya kita mengkonsumsi kopi tanpa campuran bahan lainnya agar bisa mendapatkan manfaat ini. Jika kita menambahkan susu, gula, atau bahkan krimer, maka manfaat dari kopi akan berkurang meskipun rasanya memang akan menjadi lebih nikmat.