Minum Kopi Bisa Membuat Jantung Berdebar?

Kopi adalah salah satu minuman yang paling disukai oleh umat manusia. Di Indonesia sendiri, sebagian penduduk sangat menyukai minuman yang memiliki rasa yang mantap dan bisa disajikan dengan kondisi hangat ataupun dingin ini. Dengan mengkonsumsinya, kita bisa menghilangkan rasa kantuk, menambah semangat, hingga dijadikan minuman saat kita bercengkerama dengan keluarga atau teman-teman.

doktersehat-kopi-demensia

Sayangnya, ada sebuah anggapan yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi kopi bisa membuat kita mengalami jantung berdebar-debar. Dalam dunia medis, kondisi jantung yang berdetak lebih cepat dari biasanya ini disebut sebagai aritmia. Yang menjadi masalah adalah, aritmia termasuk dalam kelainan irama pada organ jantung dan jika dibiarkan, hal ini bahkan bisa memicu kematian mendadak.

Pakar kesehatan Profesor. Dr. dr. Yoga Yuniadi, SpJP (K) pun angkat bicara tentang anggapan bahwa kopi bisa membuat jantung berdebar-debar. Menurut beliau, kaitan antara mengkonsumsi minuman ini dengan kondisi aritmia ternyata masih menjadi perdebatan banyak pihak, termasuk para pakar kesehatan. Hanya saja, telah banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa minuman yang kerap kita konsumsi layaknya kopi, teh, dan cokelat ini ternyata tidak berkaitan dengan masalah jantung yang berdebar-debar atau kelainan irama jantung.

Hanya saja, hasil penelitian ini berbeda dari apa yang ditemukan di dunia nyata. Dr. Yoga menyebutkan bahwa telah ada banyak pasien yang berkonsultasi pada dirinya karena mengalami masalah aritmia atau setidaknya peningkatan denyut jantung setelah mengkonsumsi kopi, teh yang pekat, atau minuman cokelat.

Melihat adanya fakta ini, dr. Yoga pun tidak merekomendasikan konsumsi minuman yang mengandung kafein jika kita memang sudah terdiagnosis terkena masalah aritmia atau kelainan irama jantung demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.